TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBULATAN TIMBANGAN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PT. JNE CABANG PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG DAN PT. KERETA API LOGISTIK (KALOG) TULUNGAGUNG)

LINDA EKA FAJAR AGUSTIN, 17101163025 (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBULATAN TIMBANGAN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PT. JNE CABANG PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG DAN PT. KERETA API LOGISTIK (KALOG) TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita terkait konsumen yang melakukan complain terhadap mekanisme pembulatan timbangan yang dilakukan di suatu perusahaan jasa pengiriman barang. Ia merasa dirugikan atas kebijakan pembulatan timbangan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan, sehingga mengharuskan konsumen untuk menanggung beban tarif yang lebih banyak dari yang seharusnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana praktik pembulatan timbangan pada jasa pengiriman barang di PT. JNE Cabang Plosokandang Tulungagung dan Kalog Tulungagung? 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik pembulatan timbangan di PT. JNE Cabang Plosokandang Tulungagung dan Kalog Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk menjelaskan tentang praktik pembulatan timbangan pada jasa pengiriman barang di PT. JNE Cabang Plosokandang Tulungagung dan Kalog Tulungagung. 2) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktik pembulatan timbangan jasa pengiriman barang pada PT. JNE Cabang Plosokandang Tulungagung dan Kalog Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Praktik pembulatan timbangan yang dilakukan oleh jasa pengiriman barang di PT. JNE Cabang Plosokandang menggunakan dua sistem, yaitu sistem progresif (timbangan berdasarkan berat) dan volumetrik (timbangan berdasarkan volume) sedangkan di PT. Kalog Tulungagung hanya menggunakan sistem progresif (berdasarkan berat). Pihak perusahaan memiliki kebijakan dalam menentukan tarif. Hal ini yang sering memberatkan konsumen. PT. JNE menetapkan tarif tiap kilogramnya dengan berat minimum 1Kg sedangkan PT. KALOG menetapkan tarif dengan berat minimum 10kg. 2). Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembulatan timbangan di JNE dan KALOG sudah memenuhi prinsip timbangan yang disyariatkan dalam Islam. Islam melarang keras pengurangan timbangan bukan pembulatan timbangan. Oleh karenanya dalam proses menimbang harus disertai dengan prinsip keadilan, kejujuran dan kemaslahatan. Agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163025 Linda Eka Fajar Agustin
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:22
Last Modified: 31 Mar 2020 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item