DEVI HUFADIAH, 17201163335 (2020) IMPLEMENTASI METODE AN NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DI TPQ AL FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
DEVI HUFADIAH, 17201163335, Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An Nahdliyah dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung”, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam. Pembimbing Nuryani, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang terjadi dimana masih banyaknya kalangan masyarakat kita yang belum mengenal huruf hijaiyah atau belum bisa membaca Qur’an. Hal itu disebabkan oleh belum digunakannya metode yang tepat, sehingga belum tercapainya hasil yang maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan cara memilih metode yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan usia anak. Diantara metode yang bisa digunakan adalah metode An-Nahdliyah yang dianggap lebih mudah dan sederhana. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah implementasi Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Kefasihan Membaca Al-Qur’an di TPQ Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (2) mendeskripsikan Dampak Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Ketepatan Tajwid Al-Qur’an di TPQ Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (3) Mendeskripsikan Hambatan Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, (2) dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi, (3) teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (4) pengecekan keabsahan data dapat dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, confirmability Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Langkah Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Kefasihan Membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Pondok Pesantren Al Fattahiyyah yaitu: a) Pembelajaran diawali dengan do’a kalamun dan diakhiri dengan doa Allahumamar hamna bil Qur’an, b) Materi jilid dan Program Sorogan Al-Qur’an disampaikan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Sabtu, sedangkan hari kamis digunakan untuk kegiatan menulis dan menghafal, dan hari jum’at digunakan untuk kegiatan fasolatan, c) Materi tambahan berupa hafalan do’a, surat pendek, dan bacaan sholat. (2) Dampak Implementasi metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Ketepatan Tajwid yaitu: a) pengucapan makharijul hurufnya lebih bagus dan lebih fasih, b) santri lebih bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sesuai dengan tajwid, c) santri lebih mudah memahami cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan bacaannya lebih lancar, d) dengan metode An-Nahdliyah yang sederhana santri lebih mudah untuk menghafalkan bacaan tajwid dalam Al-Qur’an. (3) Hambatan Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Membaca Al-Qur’an yaitu: a) masih kurangnya koordinasi antar ustadzah, b) jumlah ustadzah TPQ yang masih kurang memadai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SKRIPSI 17201163335 DEVI HUFADIAH |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 03:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14414 |
Actions (login required)
View Item |