MOHAMAD TOYIB ATTAMAMI, 17201153494 (2020) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Pembinaan Akhlaq merupakan proses yang dilakukan seseorang atau pendidik dengan menggunakan metode yang tepat agar siswa mempunyai perilaku yang baik atau khasanah. Pembelajaran akhlak seharusnya dijadikan prioritas utama dalam kegiatan belajar mengajar, karena akhlak merupakan roh dari semua mata pelajaran yang diajarkan. Maka dari itu proses pembinaan akhlak pada siswa merupakan suatu momentum untuk mengatasi segala macam tindakan siswa yang menjurus kepada kejahatan, sehingga pembinaan atau bimbingan dapat memberikan jalan pemecahan dari segala macam problem yang dihadapi para siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri?. (2) Bagaimana strategi guru dalam menghindari akhlak madzmumah siswa di MAN 2 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan memahami strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri. (2) Untuk mengetahui dan memahami strategi guru dalam menghindari akhlak madzmumah siswa di MAN 2 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kediri. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif serta dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan cara interaktif yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri memiliki tiga tahapan, yang pertama yaitu dengan strategi memberi contoh teladan, Yang kedua dengan strategi pembiasaan, Dan yang ketiga memberikan arahan. Selanjutnya mengenai strategi guru dalam menghindari akhlak madzmumah siswa di MAN 2 Kediri ada tiga tahapan, yang pertama dengan cara pemantauan, Yang kedua dengan pengarahan, Dan yang ketiga yaitu pembiasaan. Adapun hasil dari strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri yaitu berakhlakul karimah, dengan adanya contoh teladan guru, arahan, pembiasaan dan pemantauan, siswa tampak terbiasa berbuat, berkata dan berakhlak sesuai ajaran islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | TOYIB 17201153494 MOHAMAD TOYIB ATTAMAMI |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 08:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14432 |
Actions (login required)
View Item |