PENERAPAN METODE GABUNGAN WAHDAH DAN KITABAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ERLIN ROSALINA, 17205163263 (2020) PENERAPAN METODE GABUNGAN WAHDAH DAN KITABAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah dalam Peningkatan Kompetensi Tahfidz Al-Qur’an Siswa di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Erlin Rosalina, NIM 17205163263, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2020, Dosen Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah, Peningkatan Kompetensi Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh konsep penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah, yang diterapkan dalam kelas Tahfidz Al-Qur’an. Penggunaan metode gabungan tersebut, yang diterapkan secara bergantian dan tersistem, menjadi progam unggulan wadah untuk menanamkan nilai agama dan mengembangkan kompetensi siswa. Progam tahfidz Al-Qur’an dipilih sebagai ekstrakurikuler di bidang keagamaan dengan metode pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi tahfidz Al-Qur’an siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana tahap persiapan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam peningkatan kompetensi Tahfidz Al-Qur’an di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Proses penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam peningkatan kompetensi Tahfidz Al-Qur’an di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Hasil penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam peningkatan kompetensi Tahfidz Al-Qur’an di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan kompetensi tahfidz Al-Qur’an siswa maka diperlukan desain metode pembelajaran gabungan wahdah dan kitabah yang tepat untuk mencapai tujuan yang maksimal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian (1) Tahapan persiapan yang dilaksanakan sekolah meliputi dua tahapan. Pertama, pemberian dan penyamaan persepsi para tenaga pendidikan terkait konsep metode gabungan wahdah dan kitabah. Kedua, aplikasi di dalam kelas, yaitu sebelum memulai pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, siswa masuk ke kelas tahfidz masing-masing dengan membawa Al-Qur’an, buku tulis, serta buku prestasi Tahfidz Al-Qur’an, pembiasaan berdoa di awal pembelajaran tahfidz Al Qur’an yang dibimbing oleh guru tahfidz setiap kelas,kegiatan muraja’ah bersama sama, (2) Guru tahfidz menuliskan beberapa ayat materi hafalan, guru membacakan ayat tersebut sesuai dengan tartil, tajwid, dan mahkraj hurufnya, siswa menirukan ayat-ayat yang dibacakan guru tahfidz dengan baik, siswa mulai menghafalkan ayat-ayat tersebut dengan membaca kembali satu persatu ayat untuk dihafalkan,Siswa juga menuliskan ayat-ayat tersebut untuk memudahkan hafalannya, kegiatan sima’, dan setoran hafalan, (3) Hasil dari penerapan metode tahfidz Al-Qur’an siswa di MI Roudlotul Ulum ini sudah mampu menghafalkan Juz 30, Juz 1, dan Juz 2 sesuai dengan kompetensi masing-masing siswa. Kompetensi tahfidz tersebut juga dilengkapi dengan kecakapan jaudah tahfidz Al-Qur’an yang meliputi kelancaran hafalan, ketepatan bacaan tajwid, mahkraj huruf, serta tartil bacaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163263 ERLIN ROSALINA
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:18
Last Modified: 05 Feb 2020 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item