Pelaksanaan Pendidikan Islam Tentang Haidl dan Istihadloh Pada santri putri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun 2010/2011

Jamilatur, Rosyidah (2011) Pelaksanaan Pendidikan Islam Tentang Haidl dan Istihadloh Pada santri putri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1.doc

Download (99kB)
[img] Text
bab 4.doc

Download (226kB)
[img] Text
bab 5.doc

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (317kB)
[img] Text
bab3.doc

Download (61kB)
[img] Text
bagian depan.doc

Download (486kB)
[img] Text
rujukan.doc

Download (38kB)
[img] Text
lampiran.doc

Download (12MB)
Official URL: http://repo.uinsatu.ac.id

Abstract

Kata Kunci : “Pendidikan Islam , Haidl,dan Istihadloh.” Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa problem haidl dan istihadloh akan dihadapi oleh setiap wanita sejak dahulu sampai zaman modern sekarang ini dan akan datang.Haidl dan istihadloh itu merupakan suatu masalah yang sangat rumit untuk dipahami, yang pada akhir-akhir ini kurang diperhatikan oleh kaum hawa, padahal haidl dan Istihadloh itu merupakan sesuatu yang berkaitan dengan syah dan tidaknya ibadah fardlu ‘ayn. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pendidikan Islam tentang materi haidl dan Istihadloh pada santri putri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung?; 2) Bagaimana metode Pendidikan Islam yang digunakan dalam menyampaiakn materi tentang haidl dan Istihadloh pada santri putri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung?; 3) Apakah tujuan dari Pelaksanaan Pendidikan haidl dan Istihadloh di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung?; 4) Apakah faktor-faktor dari Pelaksanaan Pendidikan Islam tentang haidl dan istihadloh terkait pendukung,kendala dan solusi pada santri putri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Kesimpulan: 1) Materi pendidikan Islam di Pondok Modern Darul Hikmah dibagi menjadi 2 jenis yaitu materi untuk madrasah Aliyah dan Tsanawiyah, dan materi di pondok yang masuk dalam kegiatan ekstrakulikuler: a) Materi haidl yang diajarkan diantaranya mencakup tentang pengertian haidl, hukum mempelajari ilmu haidl, perkara yang haram bagi wanita haidl dan lain-lain. b) Materi istihadloh diantaranya mencakup tentang: pengertian istihadloh, macam-macam orang yang keluar darah istihadloh, hukum darah istihadloh, cara solat bagi orang yang mustahadloh dll 2) Metode yang digunakan dalam menyampaikan materi tentang haidl dan Istihadloh yaitu metode ceramah dan tanya jawab, Kedua metode tersebut digunakan karena kemampuan santri dalam memahami materi tidak sama dan memberikan kesempatan kepada santri putri untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya. 3) Tujuan dari Pelaksanaan materi haidl dan istihadloh diperuntukkan supaya para santri putri mengerti dan faham tentang hukum dan hal-hal yang berkaitan dengan haidl dan istihadloh, karena akhir-akhir ini banyak perempuan yang kurang memperhatikan dan mempedulikan tentang hukum dan hal-hal yang berkaitan dengan haidl dan istihadloh. 4) Faktor dari Pelaksanaan Pendidikan tentang haidl dan Istihadloh Terkait pendukung, hambatan dan solusi sebaiknya lebih memperhatikan penggunaan metodenya demi kemaksimalan dalam pemahaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:12
Last Modified: 13 Apr 2015 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item