LUTFI NURLAILI A’IDAH, 17205163254 (2020) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (899kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (744kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (214kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Make a Match Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Nurlaili A’idah, NIM. 17205163254, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag, M.Pd Kata Kunci: Model Make a Match, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga minat belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model Make a Match terhadap minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung? 2) Adakah pengaruh model Make aMatch terhadap hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung? 3) Adakah pengaruh model Make a Match terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh model Make a Match terhadap minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model Make a Match terhadap hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model Make a Match terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Penelitianinimenggunakanpenelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Make a Match dengan minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,003. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Haditerima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model model Make a Match dengan minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Make a Match dengan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model model Make a Match dengan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Make a Match dengan minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk minat dan hasil belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model model Make a Match dengan minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163254 LUTFI NURLAILI A'IDAH |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 02:08 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 02:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14633 |
Actions (login required)
View Item |