IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NURUL AFIFAH, 17205163233 (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Afifah, NIM. 17205163233, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa perkembangan dunia pendidikan memiliki banyak cara untuk memberikan pengetahuan dengan sistem penerapan apapun, agar peserta didik mampu mendapatkan dan merasakan keseimbangan ilmu dan juga pengalaman serta hasil yang positif dan jauh lebih baik. Namun tidak semua sekolah menerapkan sistem penunjang yang demikian. Karena dianggap bahwa pendidikan yang harusnya diperoleh siswa, bisa didapat melalui penyampaian materi yang berada di dalam kelas. Fenomena yang terjadi di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yakni penerapan kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diadakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat serta kemampuan siswa karena setiap manusia oleh Tuhan dibekali kemampuan yang berbeda-beda untuk tumbuh dan berkembang, serta bisa diaplikasikan baik dalam lingkup sekolah maupun di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana dampak ekstrakurikuler pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan, bentuk-bentuk kegiatan dan dampak ekstrakurikuler pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian ini adalah di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, sumber data terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina pramuka, siswa, dan lingkungan sekolah. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan membuat perencananaan program dan kegiatan terlebih dahulu, penyediaan pembina atau fasilitator yang ahli dibidangnya, menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan ekstrakurikuler pramuka. Kemudian penyampaian materi dan juga pelaksanaan kegiatan di lapangan. Pelaksanaan sistem evaluasi yang dilaksanakan setiap selesai kegiatan pramuka. (2) Bentuk-bentuk kegiatan dari ekstrakurikuler pramuka di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yakni baris-berbaris, perkemahan, upacara, permainan dan perjalanan lintas alam atau penggembara. (3) Dampak ekstrakurikuler pramuka di sini yakni siswa mampu mencapai prestasi yang jauh lebih baik. Mampu menanamkan akhlak mulia dan memiliki karakter yang baik. Berdampak juga pada perkembangan siswa bukan hanya dalam hal prestasi, akan tetapi bagaimana mereka mampu mengaplikasikan pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan pramuka dan juga kepeduliannya terhadap lingkungan sekitarnya sehingga mampu menciptakan kerjasama yang baik diantara keduanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205163233 NURUL AFIFAH
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:58
Last Modified: 03 Mar 2020 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item