PEMBELAJARAN KONSEP ANGKA MELALUI PERMAINAN PLASTISIN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL HUDA DESA SUMBEREJO WETAN KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

ENDANG RAHAYU, 17206163047 (2020) PEMBELAJARAN KONSEP ANGKA MELALUI PERMAINAN PLASTISIN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL HUDA DESA SUMBEREJO WETAN KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (798kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Endang Rahayu, NIM. 17206163047 ”Pembelajaran Pengenalan Konsep Angka Melalui Permainan Plastisin pada Anak Kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Instititut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Pembelajaran, Bermain, Plastisin, Kognitif, Angka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep angka. Di lembaga ini masih banyak ditemui anak-anak yang kesulitan mengenal nama dan lambang bilangan. Hal ini karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam mengembangkan kemampuan konsep angka. Anak-anak sering mengeluh karena cenderung monoton yang membuat anak menjadi bosan, tidak tertarik, pasif, dan tidak terfokus perhatiannya pada pembelajaran. Dengan begitu, Ibu Siska selaku guru kelas berinisiatif melaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan plastisin, diharapkan memberikan motivasi, menjadi bermakna serta pengalaman baru bagi anak sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi anak serta tujuan pembelajaran yaitu peningkatan kemampuan pengenalan konsep angka dapat tercapai. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembelajaran pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin pada anak kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?, 2) Bagaimana hambatan pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin pada anak kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?, 3) Bagaimana respon pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin pada anak kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin pada anak kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, 2) Mendeskripsikan hambatan pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin pada anak kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, 3) Mendeskripsikan respon pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin pada anak kelompok B di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanyamelalui tiga tahapan, meliputi tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan, bahwa: Pertama, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan konsep angka melalui permainan plastisin, merupakan pembelajaran yang baru bagi anak. Anak terlibat secara langsung, aktif dan kreatif saat bermain angka dengan plastisin. Kedua, dengan bermain, anak belajar mengenal konsep angka dengan senang hati, tidak merasa bosan dan menarik bagi anak. Ketiga, perkembangan dari aspek-aspek utama dalam kemampuan kognitif anak kelompok B menunjukkan kemajuan setiap kali guru menerapkan pengenalan konsep angka dengan plastisin. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan plastisin mampu meningkatkan pengenalan konsep angka kepada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163047 ENDANG RAHAYU
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:00
Last Modified: 02 Mar 2020 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

View Item View Item