HANIK LATIFATUS SHOLIHAH, 17205163259 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI PLUS AL-MAHMUD BACEM PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (782kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Hanik Latifatus Sholihah, NIM. 17205163259, Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kajian ini dilatar belakangi oleh seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang dalam pembelajaran dapat direalisasikan dalam pengguanaan media yang menggunakan teknologi modern, yaitu salah satunya media pembelajaran audio visual video. Namun dalam realitanya media audio visual vidio jarang sekali digunakan guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Selain itu kurangnya motivasi belajar peserta didik dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang belum bisa maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar yang berjumlah 383 peserta didik. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposif sampling, dengan kelas III Hasan Bin Ali sebagai kelas eksperimen dan kelas III Ali Bin Abi Thalib sebagi kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Instrumen sebelum digunakan untuk penelitian agar data yang diperoleh objektif, terlebih dahulu dilakukan validasi ahli lalu dilakukan uji coba kelas yang setara dengan kelas yang digunakan untuk penelitian yaitu kelas III Usman Bin Afan. Setelah mendapatkan penilaian angket dan tes dari uji coba, dilakukan pengujian validitas dan reabilitas. Setelah data penelitian terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan Independent Samples t-tets dan Uji MANOVA (Multivariate Analisis of Variance). Independent Samples t-tets digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual video terhadap motivasi belajar peserta didik peda mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual video terhadap hasil belajar peserta didik Sejarah Kebudayaan Islam. Sedangkan analisis Uji MANOVA digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual video terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap motivasi belajar peserta didik dengan hasil signifikan 0,003 < 0,05 hal ini menunjukkan adanya signifikan tinggi dalam hasil penelitian. 2) Adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil signifikan 0,014 < 0,05 hal ini menunjukkan adanya signifikan tinggi dalam hasil penelitian. 3) Adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap motivasidan hasil belajar peserta didik dengan hasil signifikan 0,001 < 0,05 hal ini menunjukkan adanya signifikan tinggi penggunaan media audio visual video terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual video memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Plus Al-Mahmud Bacem Ponggok Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163259 HANIK LATIFATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 01:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 01:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14669 |
Actions (login required)
View Item |