EKA INDAH CAHYANI, 17205163355 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (639kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
||
|
Text
BAB II .pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Eka Indah Cahyani, NIM. 17205163355, pembimbing Mustofa, S.S., M. Pd Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa matematika itu dianggap pelajaran yang sulit, menakutkan serta membosankan bagi para siswa, sehingga diperlukan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Dengan mengembangkan strategi, metode serta media pembelajaran yang bervariatif maka peserta didik akan lebih antusias dan tertarik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, (2) Mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, (3) Mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan dan triangulasi Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran adalah dengan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi dan kondisi serta karakteristik peserta didik sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. (2) Pengembangan metode pembelajaran yang dilakukan guru matematika yaitu mengembangkan metode pembelajaran dengan tidak hanya menggunakan satu metode dalam satu pertemuan, diterapkan sesuai materi yang disampaikan, karakter siswa dan kondisi siswa. (3) Pengembangan media pembelajaran yang dilakukan guru matematika yaitu dengan menggunakan media yang beragam dan bervariasi, pemilihan media sesuai materi, situasi, kondisi, sarana-prasarana serta kemampuan guru dalam mengembangkannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163355 EKA INDAH CAHYANI |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 02:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14681 |
Actions (login required)
View Item |