VITAYANINGSIH MEI WULAN, 17205163339 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SISWA ICP (INTERNATIONAL CLASS PROGRAM) DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (236kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (97kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (67kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Siswa ICP (International Class Program) di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Vitayaningsih Mei Wulan, NIM. 17205163339, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Keterampilan berbahasa Inggris, English game day, Vocabulary Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris siswa ICP (International Class Program) yang lebih unggul dibanding kelas regular. Hal ini terbukti dari beberapa prestasi yang pernah diraih siswa ICP (International Class Program), salah satunya pada kegiatan joyful camp di Malang. Tentu keterampilan berbahasa Inggris ini tidak terlepas dari peran guru. Untuk itu diperlukan strategi guru yang tepat. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi (1) Bagaimana strategi English game day dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa ICP (International Class Program) di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi pengembangan vocabulary dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa ICP (International Class Program) di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) kegiatan English game day terdiri dari : Pertama, perencanaan oleh tim khusus ICP yang meliputi tanggal, tempat, waktu kegiatan, materi, pengelompokan, kuis dan game. Kemudian guru membuat surat edaran kepada wali murid siswa ICP. Kedua, pelaksanaannya dilaksanakan di luar sekolah setiap 1 semester sekali dan tidak memerlukan RPP. Pelaksanaan kegiatan tergantung aktivitasnya. Ketiga evaluasi, yaitu mengetahui secara langsung kira-kira titik lemahnya dimana. Jika diketahui titik lemahnya maka diprogramkan lagi untuk menghindari titik lemahnya itu. Sedangkan untuk kuis tidak ada evaluasi khusus, apabila siswa salah dalam menjawab pertanyaan maka guru langsung membenarkan. (2) Perencanaan kegiatan pengembangan vocabulary siswa ICP adalah melalui kesepakatan antara tim ICP, jenis vocabulary apa saja yang akan dihafalkan kemudian guru kelas membuat tempelan-tempelan di dinding untuk memudahkan siswa dalam mengingat. Kedua, pelaksanaannya adalah melalui kegiatan hafalan. Siswa diminta guru untuk menghafal beberapa kosakata kemudian di setorkan. Selain itu juga pada pembiasaan pagi hari dan juga dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Guru juga membiasakan siswa untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris ketika izin. Ketiga evaluasi, evaluasi dilakukan guru secara langsung, apabila ada siswa yang salah arti dan pengucapan guru langsung memberikan pembetulan. Selain itu, guru juga memberikan tugas berupa hafalan beberapa kosakata kemudian di nilai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163339 VITAYANINGSIH MEI WULAN |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 00:43 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 00:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14687 |
Actions (login required)
View Item |