LATIFATUL ISYAROH, 17205163297 (2020) PENGARUH MEDIA VISUAL KARTU HURUF DAN KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (833kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh media visual kartu huruf dan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek” ini ditulis oleh Latifatul Isyaroh, NIM 17205163297, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Media visual kartu huruf, kartu kata bergambar, kemampuan membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas I Madrasah Ibitidaiyah yang belum lancar dalam membaca sehingga perlu adanya cara penyajian materi dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan penggunaan media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh media visual kartu huruf dan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh media visual kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? (2) Adakah pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama media visual kartu huruf dan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas pembelajaran membaca menggunakan media kartu huruf. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan membaca siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang profil madrasah. Adapun pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji t-test dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media visual kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t-test untuk media kartu huruf diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,002. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media kartu huruf dengan kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk penggunaan media kartu kata bergambar diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,002. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media visual kartu huruf dan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk media visual kartu huruf dan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,003. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media visual kartu huruf dan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163297 LATIFATUL ISYAROH |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 03:12 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14688 |
Actions (login required)
View Item |