PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHALAK DI KELAS RENDAH MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK

AISYAH DWI PERTIWI, 17205163291 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHALAK DI KELAS RENDAH MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (604kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas Rendah MI Al-Huda Rejowinangun Trenggalek” ini ditulis oleh Aisyah Dwi Pertiwi, NIM 17205163291, dibimbing oleh Bapak Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, dan Pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa karakter anak bangsa saat ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan karakter. Faktor yang menyebabkan lemahnya karakter anak bangsa adalah kurangnya kedisiplinan para remaja maupun anak-anak, kurang perhatian dari orang tua, kurangnya perhatian guru, dan canggihnya teknologi. Maka dari itu penanaman nilai-nilai karakter sangat diperlukan dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pembelajaran Akidah Akhlak sangat diperlukan di tingkat sekolah dasar sebagai pembentuk akhlak peserta didik. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengangakat judul Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas Rendah MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini, dapat dijabarkan dalam beberapa pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana penanaman kebiasaan dalam cara berpikir melalui pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas rendah MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? (2) Bagaimana penanaman kebiasaan dalam hati melalui pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas rendah MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? (3) Bagaimana penanaman kebiasaan dalam tindakan melalui pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas rendah MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah untuk mendiskripsikan penanaman kebiasaan dalam cara berpikir, kebiasaan dalam hati, dan kebiasaan dalam tindakan melalui pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas rendah MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisispan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman kebiasaan dalam cara berpikir dilakukan melalui proses pembelajaran. Pada setiap pembelajaran terdapat strategi dan metode pembelajaran yang tertera dalam RPP. Guru menggunakan pendekatan dalam menyampaikan materi pelajaran. Melalui penyusunan strategi dan metode pembelajaran yang tepat peserta didik dapat menelaah fakta-fakta atau pengalaman ketika berada pada pembelajaran tersebut, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berfikirnya. (2) Penanaman kebiasaan dalam hati dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan peningkatan akademik yang meliputi baca tulis Al-Qur’an/taman pendidikan Al-Qur’an, hafalan surat pendek/do’a sehari-hari dan Tahfidz, sehingga dapat menggerakkan emosi peserta didik untuk belajar Al-Qur’an. Kegiatan tersebut dapat melatih kesabaran dan ketabahan peserta didik. (3) Penanaman kebiasaan dalam tindakan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang ada di sekolah dan kegiatan pembelajarn di kelas. Dalam pembelajaran guru menyampaikan materi pembelajaran dan memberikan praktik tentang materi pelajaran untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik dapat mengetahui tindakan yang baik dan tidak untuk dijadikan sebagai kebiasaan dalam tindakan dikehidupan sehari-hari peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai karakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205163291 Aisyah Dwi Pertiwi
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:48
Last Modified: 31 Mar 2020 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14691

Actions (login required)

View Item View Item