IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DIAH ROSITA SARI, 17205163001 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Diah Rosita Sari, NIM. 17205163001, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing H. Muh Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung memiliki banyak kegiatan keagamaan yang dilaksanakan untuk menerapkan pendidikan karakter religius kepada peserta didik. Hal ini dilakukan untuk membentuk perilaku akhlakul karimah kepada peserta didik serta memberikan pembekalan agar peserta didik terhindar dari hal-hal yang negatif seiring perkembangan zaman. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan tahfidz di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan sholat dhuha di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan membaca surat yasin di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitiannya: 1) Penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan tahfidz yang pertama, pentingnya kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius siswa. Kedua, tahfidz adalah kegiatan rutin dan sudah menjadi pembiasaan setiap dua kali seminggu. Ketiga, tahfidz menghafalkan juz amma atau jus 30. Keempat, diawal dan di akhir kegiatan tahfidz guru mengajak peserta didik untuk murojaah bersama-sama. Kelima, peran guru tahfidz adalah sebagai teladan, pembimbing dan pembentuk akhlakul karimah. Keenam, nilai karakter religius yang muncul adalah jujur, disiplin dan ikhlas, amanah, dan Al-Munafiqun. 2) Penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan sholat dhuha yang pertama, sholat dhuha adalah kegiatan rutin dan sudah menjadi pembiasaan setiap pagi hari. Kedua, sholat dhuha sebagai sarana memperlancar rizki. Ketiga, dalam pelaksanaan sholat dhuha bacaannya dikeraskan atau jahr dan imamnya dari peserta didik. keempat, peran guru piket adalah sebagai pembimbing, mendampingi, mengawasi dan penanggung jawab. Kelima nilai karakter religius yang muncul adalah tanggung jawab, ibadah, disiplin dan ikhlas, keseimbangan. 3) Penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan membaca surat yasin yang pertama, membaca surat yasin merupakan kegiatan pembiasaan rutin yang sudah lama diterapkan setiap pagi hari. Kedua, membaca surat yasin dipimpin oleh peserta didik. Ketiga, peran guru piket sebagai pembimbing, pendampingi, mengawasi dan penanggung jawab. Keempat, membaca surat yasin sebagai sarana agar peserta didik dapat mengaplikasikannya di masyarakat. Kelima, nilai religius yang muncul antara lain amanah, Al-Ukhwah, tawakal, ikhlas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163001 DIAH ROSITA SARI
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:50
Last Modified: 11 Mar 2020 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item