STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

SRI OKTAVIA LESTARI, 17201163238 (2020) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik Di MA Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Sri Oktavia Lestari NIM. 17201163238, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Mustofa, S.S., M,Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Kualitas Pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pembelajaran merupakan pendekatan menyeluruh dalam sistem pembelajaran yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kualitas pembelajaran dalam pendidikan merupakan salah satu upaya yang sedang diprioritaskan untuk mencapai tujuan pendidikan. Adapun Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Mengingat bahwa Al-Qur'an dan Hadits merupakan sumber utama umat Islam dalam menjalankan ibadahnya, maka disini penulis meneliti terkait bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MA Al-Ma’arif Tulungagung. Fokus penelitian dalam skirpsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam membuat perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MA Al-Ma’arif Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MA Al-Ma’arif Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di MA Al-Ma’arif Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Tulungagung, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keseharian dan proses pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Tulungagung. Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali data tentang strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Selanjutnya dokumentasi sebagai data penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru dalam perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah membuat RPP dengan mempertimbangkan dampak dari perencanaan yang dibuat pada peserta didik dalam proses pembelajaran, serta mengadakan rapat/pembinaan dan evaluasi tindak lanjut terkait dengan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 2) Strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat, menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode ceramah, tanya jawab, dan praktek. 3) Strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah pelaksanaan evaluasi sesuai dengan yang sudah direncanakan, evaluasi dilakukan secara berjenjang, mulai dari setiap materi, perbab, per semester dan yang terakhir adalah observasi langsung terhadap peserta didik (evaluasi pembelajaran dengan cara praktek).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163238 SRI OKTAVIA LESTARI
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:49
Last Modified: 09 Mar 2020 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item