PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DI SD ISLAM AL AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

BILYNA SALMA, 17205163164 (2020) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DI SD ISLAM AL AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Bilyna Salma, NIM. 17205163164, dibimbing oleh Dr. H. Mochammad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’a, dan Kualitas Membaca Al Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memiliki kualitas dalam membaca Al-Qur’an dengan baik. Oleh sebab itu, perlu untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an agar memiliki kualitas yang tinggi dalam membaca. Peningkatan tersebut diterapkan melalui Metode Pembelajaran Al Qur’an salah satunya Metode Yanbu’a. Metode tersebut merupakan metode pembelajaran jilid dan Al-Qur’an yang membacanya santri tidak boleh mengeja, membaca langsung dengan cepat, tepat, lancar, tidak putus-putus disesuaikan dengan kaidah makharijul huruf. Melalui metode tersebut dapat dikaji lebih mendalam mengenai kualitas membaca jilid dan Al-Qur’an melalui 3 indikator yakni kefasihan, penguasaan tajwid, dan kelancaran. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan kefasihan di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung ? (2) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan penguasaan tajwid di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung ? (3) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan kelancaran di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan kefasihan, penguasaan tajwid dan kelancaran di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif untuk menganalisis data-data berupa kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data berupa reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kefasihan sebagai kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Yanbu’a di SD Islam Al Azhaar sesungguhnya memiliki arti membaca Al-Qur’an secara tartil. Metode Yanbu’a melatih para peserta didik memiliki kefasihan sesuai kaidah makharijul huruf sejak jilid 1. Terdapat penempatan ustadz/ah yang memiliki kemampuan pelafalan yang berbeda untuk ditempatkan di kelas Yanbu’a tertentu. Karakteristik dan kemampuan anak yang berbeda-beda dalam melafalkan huruf dapat berpengaruhterhadap kefasihan yang dimiliki. Tes lisan dilakukan melalui tes fasohah Yanbu’a dan tartil Yanbu’a untuk mengukur kefasihan peserta didik untuk menilai kualitas kefasihan membaca Al-Qur’an yang dihasilkan. (2) Penguasaan Tajwid sebagai kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Yanbu’a di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung berkaitan dengan kemampuan mengetahui hukum-hukum bacaan berdasarkan ilmu tajwid. Metode Yanbu’a melatih para peserta didik membaca bacaan sesuai kaidah tajwid sejak jilid 1, meskipun belum langsung mengetahui penamanaan hukumnya. Secara khusus pembelajaran ilmu hukum-hukum tajwid terletak pada jilid 7 Yanbu’a. Terdapat pengaruh tingkat kecerdasan (IQ) terhadap kemampuan menghafal dan memahami nama tajwid. Adapun untuk mengukur kemampuan dalam menguasai tajwid diadakan tes tulis dan tes lisan. (3) Kelancaran sebagai kualitas membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Yanbu’a di SD Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung berkaitan dengan gabungan dari seluruh aspek yang mengukur kualitas membaca meliputi kefasihan dan penguasaan tajwid. Teknik pembelajaran klasikal diterapkan dalam pembelajaran jilid 1 sampai jilid 7 Yanbu’a untuk meningkatkan kelancaran. Metode Yanbu’a memiliki buku prestasi khusus yang terdapat keterangan L atau L- (L untuk lancar dan L- untuk kurang/tidak lancar). Terdapat pengaruh suasana hati/mood serta kedisiplinan membawa perlengkapan Yanbu’a terhadap kelancaran. Strategi yang dilakukan lembaga untuk dapat meningkatkan kualitas kelancaran membaca jilid dan Al-Qur’an dimulai dari pelatihan rutin untuk ustadz/ah sehingga mereka memiliki kualitas bacaan yang terus terjaga dan untuk peserta didik terus dilakukan pembelajaran secara klasikal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163164 BILYNA SALMA
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:48
Last Modified: 05 Mar 2020 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item