POLA INTERAKSI EDUKATIF TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN EFISIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG

RIKKA MUTIARA DEVI, 17205163222 (2020) POLA INTERAKSI EDUKATIF TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN EFISIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pola Interaksi Edukatif Tematik dalam Menumbuhkan Efisiensi Belajar Peserta Didik di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung” ini ditulis oleh Rikka Mutiara Devi, NIM. 17205163222, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Interaksi Edukatif Pembelajaran Tematik, Efisiensi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang tidak dapat terlepas dari interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dengan peserta didik yang berlangsung dalam situasi edukatif, yang mana situasi edukatif tersebut bertujuan untuk menumbuhkan efisiensi belajar peserta didik dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan menggunakan biaya yang relatif kecil. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan beberapa pola interaksi dan komponen-komponen yang ada didalamnya dalam menumbuhkan efisiensi belajar peserta didik. Dalam hal ini SD Islam Al-Munawwar Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan komponen pendukungnya dan juga interaksi edukatif . Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi miskomunikasi dan miskonsepsi ketika peserta didik belajar dan menerima pelajaran. Adapun fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran tematik pola interaksi satu arah guru dalam menumbuhkan efisiensi belajar peserta didik di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung? (2) Bagaimana pembelajaran tematik pola interaksi dua arah guru dalam menumbuhkan efisiensi belajar peserta didik di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung? (3) Bagaimana pembelajaran tematik pola interaksi multi arah guru dalam menumbuhkan efisiensi belajar peserta didik di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Interaksi satu arah (aksi) guru dalam menumbuhkan efisiensi belajar yaitu dengan menggunakan pendekatan teacher centered atau pembelajaran yang terpusat pada guru saja. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, interaksi satu arah digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Guru memanfaatkan media gambar dan juga lingkungan sekitar. Selain itu guru sebagai sumber belajar bagi peserta didik didukung dengan buku pegangan guru. (2) Interaksi dua arah (interaksi) guru da lam menumbuhkan efisiensi belajar yaitu dalam pelaksanaanpembelajaran tidak hanya terpusat pada guru tetapi peserta didik juga ikut terlibat (teacher centered and student centered) atau antara guru dengan peserta didik mulai terjadi hubungan timbal balik dimana ada stimulus dan respon. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran yaitu metode tanya jawab dan juga stalking stik, media yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran menggunakan media poster dan lingkungan sekitar. Sumber belajar selain dari guru berasal dari buku pegangan peserta didik. (3) Interaksi multi arah (transaksi) guru dalam menumbuhkan efisiensi belajar peserta didik yaitu semua yang ada di kelas terlibat secara aktif baik itu guru, peserta didik, dan peserta didik lain. Metode yang digunakan guru adalah diskusi, media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran adalah gambar, poster, dan pemanfaatan lingkungan sekitar. Sumber belajar peserta didik selain dari guru, dan buku dapat juga diperoleh dari temannya atau belajar dengan teman sejawat. Dapat disimpulkan bahwa guru di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam pembelajaran dengan melakukan perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi sehinggapembelajaran menjadi menyenangkan dan peserta didik tidak merasa jenuh dalam menerima pelajaran di kelas. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik dapat belajar dengan baik dan mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163222 RIKKA MUTIARA DEVI
Date Deposited: 06 Mar 2020 01:41
Last Modified: 06 Mar 2020 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item