ANALISIS PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGORO JOMBANG

SYAFAATUL UDHMAH, 17205163330 (2020) ANALISIS PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGORO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Syafaatul Udhmah, NIM. 17205163330 Analisis Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang, Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci : Penerapan metode Yanbu’a, Baca Tulis Al-Quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan dasar yang mengajarkan baca tulis Al-Quran dan memperhatikan ketepatan metode yang digunakan sehingga pelafalan makhorijul huruf dan tajwidnya sesuai kaidah. Penggunaan metode yang tepat menjadi hal yang paling diperhatikan,mengingat usia dasar merupakan golden age untuk menanamkan nilai nilai Al-Quran dalam diri anak usia dasar,usia dimana apabila menerapkan pengajaran Al-Quran yang kurang tepat mengakibatkan pelafalan anak akan Al-Quran akan terus terbawa hingga dewasa. Hal ini mengindikasikan pentingnya pemilihan metode yang tepat dalam mempelajari Al-Quran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang; (2) Bagaimana pelaksanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang;(3) Bagaimana evaluasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang . Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Perencanaan metode Yanbu’a dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran di MI Islamiyah Ngoro Jombang bertujuan untuk mengklasifikasikan jilid peserta didik berdasarkan kemampuan baca tulis Al-quran yang dimilikinya serta kualitas SDM ustadz/ustadzah yang menjadi pendamping kelas Yanbu’a sangat tertib dengan harus mengikuti tashih mengajar di Lajnah Muroqobah Yanbu’a cabang Jombang,sarana dan prasarana penunjang metode yanbu’a,pembagian kelas Yanbu’a sesuai kemampuan peserta didik; (2) Pelaksanaan metode Yanbu’a di MI Islamiyah Ngoro Jombang dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran dilakukan 2 kali tatap muka dalam satu hari yaitu pagi sebelum pembelajaran sekolah dan sore hari. Pembelajaranmenggunakan tutorial klasikal,sorogan individu, kegiatan menulis Arab rasm ustmani serta penambahan materi hafalan sebagai penunjang dalam ibadah sehari hari ; (3) Evaluasi metode Yanbu’a di MI Islamiyah Ngoro Jombang berupa evaluasi harian untuk kenaikan halaman serta hafalan,selanjutnya evaluasi jangka panjang untuk ujian kenaikan jilid dan hafalan keseluruhan selama satu jilid,terakhir ketika sudah menguasai semua jilid Yanbu’a beserta materi hafalannya maka diadakan imtihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163330 SYAFAATUL UDHMAH
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:17
Last Modified: 11 Mar 2020 01:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14780

Actions (login required)

View Item View Item