Penggunaan Media Sketsa dan Foto Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas III MI Roudlotul ‘Ulum Jabalsari Tahun Ajaran 2011/2012

RIZKHI, PUSPANINGTIAS (2012) Penggunaan Media Sketsa dan Foto Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas III MI Roudlotul ‘Ulum Jabalsari Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB-I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB-II.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB-III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB-IV.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB-V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci : Media Sketsa dan Foto, Pembelajaran IPA, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA disekolah, dimana siswa kurang menguasai dan memahami pebelajaran IPA. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan menggunakan media sketsa dan foto. Penggunaan media sketsa dan foto dalam proses belajar mengajar dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui secara langsung penggunaan media sketsa dan foto dalam mata pelajaran IPA di MI Roudhotul ‘Ulum Jabalsari Tulungagung, 2) Mengetahui secara langsung hubungan penerapan media sketsa dan foto dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA, 3) Mengeteahui secara langsung hubungan penerapan media sketsa dan foto dalam meningkatkan prestsi belajar siswa dalam pemeblajaran IPA. Data penelitian ini digunakan metode penelitian melalui metode observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Observasi digunakan untuk memperoleh data berupa lokasi penelitian, kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, dan berbagai hal yang berkaitan dengan penelitian. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan media sketsa dan foto serta informasi-informasi yang dibutuhkan. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah mengalami proses belajar mengajar melalui penggunaan media sketsa dan foto siswa kelas III MI Roudlotul ‘Ulum Jabalsari dalam pembelajaran IPA. Sementara catatan lapangan digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dan mencatat hal-hal penting seputar penelitian yang tidak terdapat dalam pedoman observasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan menekankan pada peningkatan proses dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sketsa dan foto dalam pembelajaran IPA mendapat tanggapan positif dari siswa karena dapat meningkatkan pemahaman siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 64,36 (sebelum tindakan) menjadi 73,2 (siklus I), dan 83,00 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sketsa dan foto dalam pembelajaran IPA bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Roudlotul ‘Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 May 2015 07:10
Last Modified: 04 May 2015 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item