SITI RAHMAYANTI, 17204163194 (2020) NEWMAN'S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab V.pdf Download (393kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKA.pdf Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya soal cerita. Di mana sampai saat ini dalam menyelesaikan soal cerita siswa kurang bisa memahami maksud dari soal tersebut sehingga siswa akan kesulitan menyelesaikannya. Untuk itu perlu adanya analisis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berupa soal cerita dengan tujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan masalah matematika berdasarkan NEA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi teorema Pythagoras berdasarkan NEA, (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi teorema Pythagoras berdasarkan NEA, (3) jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi teorema Pythagoras berdasarkan NEA, dan (4) faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika materi teorema Pythagoras berdasarkan NEA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan metode tes, wawancara, dan observasi. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Tulungagung. Setelah dilakukan observasi pembelajaran kemudian menentukan tingkat kemampuan siswa berdasarkan nilai raport matematika semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 dan diambil 6 subjek penelitian yang memenuhi kategori tingkat kemampuan siswa. Hasil dari metode tes dianalisis kesalahannya menggunakan indikator prosedur NEA yang meliputi: (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan tinggi cenderung melakukan kesalahan memahami, transformasi, dan keterampilan proses. (2) Siswa berkemampuan sedang cenderung melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. (3) Siswa berkemampuan rendah cenderung melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. (4) Faktor penyebab kesalahan adalah siswa tidak bisa membaca kata-kata dan simbol yang terdapat pada soal, siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal, siswa tidak menuliskan rumus atau metode yang akan digunakan, siswa tidak paham mengenai materi teorema Pythagoras, dan siswa tidak menuliskan kesimpulan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163194 Siti Rahmayanti |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 04:48 |
Last Modified: | 31 May 2021 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14863 |
Actions (login required)
View Item |