Strategi Guru Agama Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Ma’dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung Tahun 2011/2012

Ahmad, Fahrizal (2012) Strategi Guru Agama Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Ma’dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung Tahun 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (20kB)
[img] Text
15.DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
8.ABSTRAKSI.docx

Download (21kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh strategi guru agama dalam pendidikan agama islam, guru memegang peranan penting sekali dalam proses pendidikan, salah satu yang dilakukan guru adalah memberikan pelayanan kepada para siswa dalam pembelajaran dikelas dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasai, sehingga siswa mampu mencerna materi yang dibawakan oleh guru. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru agama dalam membuat perencanan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru agama dalam pemilihan materi belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru agama dalam menentukan metode belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung? (4) Bagaimana strategi guru agama dalam merumuskan kegiatan belajar mengajar dan prosedur pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar PAI siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : (a) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam membuat perencanakan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung. (b) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam pemilihan materi belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung. (c) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama menentukan metode belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung. (d) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam merumuskan kegiatan belajar mengajar dan prosedur pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MI Ma’Dinul Ulum Campurdarat, Tulungagung Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif untuk data yang kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) Strategi guru dalam membuat perencanaan pembelajaran PAI di MI Ma’dinul Ulum yaitu guru menerapkan perencanaan pembelajarancukup baik, meliputi memperhatikan perencanaan kurikulum, memperhatikan kondisi riel sekolah dan siswanya dalam pembelajaran. (2) Strategi guru dalam memilih materi belajar mengajar PAI di MI Ma’dinul Ulum. Yaitu dalam usahanya guru menggunakan strategipememilihan materi belajar mengajar yang sesuai dengan kemampuan siswanya, pemilihan materi belajar meliputi tujuan pengajaran, pentingnya bahan, nilai paraktis, tingkat perkembangan peserta didik dan tata urutan pembuatan pemilihan materi. (3) Strategi guru dalam menentukan metode belajar mengajar PAI di MI Ma’dinul Ulumadapun bentuknya metode diantaranya : a. Ceramah, tanya jawab dan tugas, b. Ceramah, diskusi dan tugas, c. Ceramah, dan kuis, d. Ceramah, demonstrasi dan latihan-latihan. (4) Strategi guru dalam merancang kegiatan pembelajaran PAI di MI Ma’dinul Ulum adapun strategi yang dilakukan guru dalam merancang pembelajaran adalah : a. Persiapan mental guru, b. Perangkat pembelajaran yang didesain dengan sesuai dengan perkembangan peserta didik, c. Proses kegiatan belajar mengajar dikelas, d. Penilaian. Saran karena semakin besar tantangan yang dihadapi oleh MI terutama persaingan antara MI/SD, perlu dipikirkan konsep dan strategi yang lebih baik dalam membangun dan mengembangkan kualitas pembelajarannya dan kualitas guru pengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 May 2015 07:45
Last Modified: 08 May 2015 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item