PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

ZULFA ‘AINI LATIFAH, 17201163045 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfa „Aini Latifah, NIM 17201163045, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa permasalahan komunikasi yang berorientasi pada diri kita sendiri. Untuk mencapai efektivitas komunikasi, seseorang harus memiliki sifat yang berorientasi pada orang lain. Artinya, kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan orang lain selama berkomunikasi antar pribadi. Di zaman sekarang, banyak sekali terjadi ada dua orang yang sedang berdialog, tapi masing-masing sibuk dengan gawainya masing-masing, sehingga kurang efektif dan kurang sopan secara etika. Begitupun dalam penyampaian pembelajaran dikelas apabila seorang guru dalam menyampaikan materi terdapat kesenjangan maka sedikit banyak akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa bidang kognitif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa bidang afektif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa bidang psikomotorik pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung ? (4) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif. Jenis penelitian menggunakan penelitian survey. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dan sampel yang di ambil sebanyak 107 siswa kelas X. Tehnik sampling menggunakan non-probability sampling Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket untuk variabel bebas dan dokumentasi untuk variabel terikat. Tehnik analisis yang digunakan untuk uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasayarat menggunakan uji linier dan uji normalitas, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah untuk nilai sig. Variabel X dengan Y1 0,015<0,05 sehingga Ha diterima. nilai sig. Variabel X dengan Y2 0,014<0,05 sehingga Ha diterima. nilai sig. Variabel X dengan Y3 0,025<0,05 sehingga Ha diterima. Tingkat hubungan antara Kemampuan Komunikasi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung termasuk dalam kategori rendah atau lemah dengan pengaruh variabel X denganY1 sebesar 5,5%, variabel X dengan Y2 sebesar 5,6%, variabel X dengan Y3 sebesar 4,7% dan untuk kesimpulan uji hipotesis pengaruh kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa di SMK N 1 Boyolangu Tulungagung sebesar 0,003 < 0,05 yang menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dengan pengaruh sebesar 8,4%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZULFA ‘AINI LATIFAH 17201163045
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:10
Last Modified: 06 May 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item