PENERAPAN METODE INQUIRI BERBASIS MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Fitriana, Fitri (2015) PENERAPAN METODE INQUIRI BERBASIS MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
rujukan.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Inquiri Berbasis Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini di tulis oleh Fitriana, NIM: 3217113041, di bimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata kunci: metode inquiri berbasis media visual, hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah siswa banyak mengalami kesulitas belajar, realitanya di Madrasah Ibtidaiyah siswa sering diberi pembelajaran dengan metode konvensional dimana aktifitas pembelajaran banyak didominasi oleh guru. Dengan metode tersebut siswa menjadi kurang perhatian terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode inquiri berbasis media visual ini lebih efektif, kreatif dan menyenangkan karena melibatkan siswa untuk belajar aktif melalui pengalaman mereka dengan bentuan media visual yang menarik. Dengan adanya metode ini diharapkan mampu menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Energi Gerak. Rumusan masalah: 1). Bagaimana implementasi metode inquiri berbasis media visual mata pelajaran IPA pokok bahasan energi gerak siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 ?; 2). Bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri berbasis media visual pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi gerak kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi metode inquiri berbasis media visual mata pelajaran IPA pokok bahasan energi gerak siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015; 2). Mendeskripsikan pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri berbasis media visual pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi gerak Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Manfaat penelitian ini bagi MI Bendiljati Wetan Sumbergempol, memberikan masukan 1) Bagi kepala madrasah sebagai pedoman untuk mengambil kebijakan di madrasah tersebut; 2). Bagi Guru: Memberikan informasi tentang metode inquiri dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi IPA; 3). Bagi siswa: Meningkatkan motivasi dan prestasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Energi; 4). Pembaca/ peneliti lain: Bagi pembaca, dapat menjadi reverensi dalam melakukan penelitian yang lebih lanjut; 5). Perpustakaan IAIN Tulungagung: sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa lain. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri-dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III pada materi Energi Gerak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain adalah test, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencangkup data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 70. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan mengimplementasikan metode inquiri berbasis media visual, akhirnya dapat ditarik kasimpulna bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode inquiri berbasis media visual, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kelas pada pre test 46,58 dengan prosentase ketuntasan belajar 3,23% meningkat pada tindakan siklus I dengan rata-rata kelas menjadi 64,70 dengan prosentase ketuntasan 41,93% dan semakin meningkat lagi setelah dilakukan tindakan siklus II yaitu rata-rata nilai kelas menjadi 78,64 dengan prosentase ketuntasan 90,03%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Inquiri berbasis media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Energi Gerak bagi siswa kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Fitriana fitri ana
Date Deposited: 10 Aug 2015 03:08
Last Modified: 10 Aug 2015 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item