ANGGI PUSPITASARI, 17201163085 (2020) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN BAGI PESERTA DIDIK MA AL-BAIRUNY SAMBONGDUKUH JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (107kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (300kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggi Puspitasari, NIM. 17201163085, Skripsi dengan judul “Peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQuran peserta didik MA Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang”, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2020, Dosen Pembimbing: Prof. H. Akhyak, M.Ag. NIP. 196710291994031004 Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Membaca AlQuran Rendahnya motivasi dalam belajar AlQuran merupakan salah satu penyebab dari rendahnya mutu suatu pendidikan terutama dalam kemampuan membaca AlQuran. Banyak sekali dijumpai remaja maupun peserta didik masih belum mampu serta kualitas yang rendah dalam membaca AlQuran. Padahal AlQuran merupakan kitab suci dan pedoman hidup umat Islam. Maka dari itu, guru di MA Al-Bairuny dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQuran peserta didik memiliki peran sebagai pendidik dan pengajar, motivator, serta evaluator sebagai bentuk usaha yang dilakukan agar tercapainya tujuan dari pendidikan terutama dalam membaca AlQuran serta mempertahankan nilai-nilai agama Islam dimasa yang akan datang. Fokus penelitian: 1. Bagaimana Peran Guru sebagai Pengajar dan Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran bagi Peserta didik MA Al Bairuny Sambongdukuh Jombang. 2. Bagaimana Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran bagi Peserta didik MA Al Bairuny Sambongdukuh Jombang. 3. Bagaimana Peran Guru sebagai Evaluator dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran bagi Peserta didik MA Al Bairuny Sambongdukuh Jombang. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah 1. Mendeskripsikan Peran Guru sebagai Pengajar dan Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran bagi Peserta didik MA Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. 2. Mendeskripsikan Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran bagi Peserta didik MA Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. 3. Mendeskripsikan Peran Guru sebagai Evaluator dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQuran bagi Peserta didik MA Al Bairuny Sambongdukuh Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berusaha mendeskripsikan semua data, keadaan subyek atau objek penelitian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kasus yang berupa program, kegiatan, peristiwa atau sekelompok individu yang terkait dengan tempat, waktu atau ikatan tertentu. Sumber data menggunakansumber data primer dan sekunder (person, place, paper). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan: 1. Teknik kriteria derajat kepercayaan (creadibility) dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, 2. Keteralihan (Transferability) dapat menerapkan hasil peneitian, 3. Ketergantungan (Dependability) yakni ketika melakukan beberapa percobaan selalu mendapatkan hasil sama, dan 4. Kepastian (Confirmability) penelitian telah disepakati oleh lebih banyak orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1. Peran guru sebagai pendidik dan pengajar yakni guru sangat berperan dalam pembelajaran dan pembentukan karakter sehingga peserta didik dapat mencapai suatu tujuan yang diharapkan oleh guru, baik dari segi kualitas ilmu yang didapatkan dalam membaca AlQuran maupun terbentuknya akhlak dan karakter peserta didik menjadi lebih baik sesuai harapan guru serta bermanfaat bagi peserta didik sendiri dan orang lain. 2. Peran guru sebagai motivator yakni dengan memberikan motivasi kepada peserta didik, dengan berbagai cara demi meningkatkan semangat belajar peserta didik, diantaranya dengan memunculkan motivasi dengan kisah, kejadian penting, konsep pahala dan hukuman, menceritakan mengenai fadhilah keutamaan membaca AlQuran serta memberikan reward/poin disetiap prestasi yang telah dicapai. Selain itu juga guru juga harus bekerja sama dengan orang tua karena peran orang tua juga sangat mempengaruhi semangat belajar peserta didik sehingga peserta didik semakin tergugah semangat belajarnya. 3. Peran guru sebagai evaluator yakni guru dapat mengetahui dan mengontrol sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dalam membaca AlQuran dan memahami materi yang diajarkan baik dari segi tartil maupun ketepatan tajwid, mengetahui apakah metode maupun kompetensi yang digunakan selama pembelajaran itu sudah efektif atau belum, serta dapat membantu guru untuk menyusun laporan hasil kepada wali murid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ANGGI PUSPITASARI 17201163085 |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 01:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15661 |
Actions (login required)
View Item |