KEPEMIMPINAN KIAI PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA SANTRI (STUDI MULTISITUS DI PESANTREN AT-TAHDZIB JOMBANG DAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH KALIPARE MALANG)

Imam Turmudzi, 17501165006 (2019) KEPEMIMPINAN KIAI PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA SANTRI (STUDI MULTISITUS DI PESANTREN AT-TAHDZIB JOMBANG DAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH KALIPARE MALANG). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul Kepemimpinan Kiai Pesantren dalam mengembangkan Jiwa Wirausaha santri (Studi multisitus di pesantren At Tahdzib Jombang dan Pesantren Salafiyah Malang) yang di tulis o;eh Imam Turmudzi dengan Promotor Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata kunci : kepemimpinan, kiai pesantren, wirausaha, santri Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh sebuah anggapan sebagian orang bahwa santri lulusan pesantren akan kesulitan mencari kerja, santri yang selama ini dianggap mampu menguasai ilmu agama tetapi kurang mampu menguasai ilmu keduniaan. Dalam Penelitian ini akan mengungkap bahwa seorang santri tidak hanya mampu mencari kerja, tapi juga mampu menghadapi tantangan zaman dengan menyeimbangkan ilmu dunia dan ilmu akhirat, bahkan santri bisa menciptakan lapangan kerja dan menjadi seorang wirausahawan, semua itu tidak lepas dari peran seorang kiai pesantren yang memberikan pendekatan, proses, dan inovasi dalam mengembangkan kewirausahaan untuk santrinya. Rumusan masalah dalam penulisan disertasi ini adalah 1) Bagaimana pendekatan kiai pesantren dalam mengembangkan jiwa wirausaha santri? 2) Bagaimana proses kepemimpinan kiai pesantren dalam mengembangkan jiwa wirausaha santri? 3) Bagaimana inovasi kepemimpinan Kiai pesantren cara mengembangkan jiwa wirausaha santri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari reduksi data, penyajian data verifikasi dan penarikan kesimpulan, data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas situs Uji keabsahan data melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa 1) Pendekatan kepemimpinan dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan santri dengan Kiai sebagai pewaris nabi dan membangun sumber daya manusia (SDM) santri, 2) Proses kepemimpinan kiai dalam mengembangkan kewirausahaan santri dengan Proses Transfer ilmu dan mengajarkan santri berpikir rasional serta pencapaian tujuan strategis 3) Inovasi kewirausahaan dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan santri dengan Inovasi Teknologi berkelanjutan dan perbaikan manajemen serta pembinaan santri yang berjiwa entrepreneur.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tesis 1756144024 Imam Turmudzi
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:50
Last Modified: 10 Jun 2021 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item