Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Upaya Peningkatan Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak pada Siswa yang Mengalami Masalah (Studi Kasus di MAN Kunir Wonodadi Blitar)

Faticha Nurin, Na’im (2012) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Upaya Peningkatan Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak pada Siswa yang Mengalami Masalah (Studi Kasus di MAN Kunir Wonodadi Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER s.d Abstrak BK MAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS BK MAN.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BK MAN.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II BK MAN.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III BK MAN.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V BK MAN.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV BK MAN.pdf

Download (829kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak, Siswa yang Mengalami Masalah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana varian masalah yang dialami oleh siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar ? (2) Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam upaya peningkatan internalisasi nilai-nilai akhlak pada siswa yang mengalami masalah di MAN Kunir Wonodadi Blitar ? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru bimbingan konseling dalam upaya peningkatan internalisasi nilai-nilai akhlak pada siswa yang mengalami masalah di MAN Kunir Wonodadi Blitar ?. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan memakai perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Varian masalah yang dialami oleh siswa MAN Kunir Wonodadi Blitar dapat dirinci menjadi empat macam berdasarkan jenis bimbingannya, yaitu: masalah pribadi, masalah sosial, masalah belajar, dan masalah karier. (2) Peran guru bimbingan konseling dalam upaya peningkatan internalisasi nilai-nilai akhlak pada siswa yang mengalami masalah di MAN Kunir Wonodadi Blitar dilaksanakan dengan mengupayakan beberapa langkah pembinaan akhlak melalui tiga tindakan akurat, yaitu: tindakan preventif (pencegahan), tindakan kuratif (penyembuhan), dan tindakan represif (hukuman). (3) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru bimbingan konseling dalam upaya peningkatan internalisasi nilainilai akhlak pada siswa yang mengalami masalah di MAN Kunir Wonodadi Blitar dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu: (a) faktor yang mendukung, antara lain: karakter siswa yang terbuka dalam mengungkapkan permasalahannya, kemauan siswa untuk berubah menjadi lebih baik, lingkungan siswa yang mendukung dalam perbaikan akhlak, serta adanya dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, dan (b) faktor yang menghambat antara lain: karakter siswa yang tertutup dalam mengungkapkan permasalahannya, kurangnya kemauan siswa untuk berubah menjadi lebih baik dan adanya teman sebaya yang menutup-nutupi fakta siswa yang bermasalah, lingkungan siswa yang kurang mendukung dalam perbaikan akhlak, serta kurangnya dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Print to

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 03:06
Last Modified: 20 May 2015 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item