IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN DAN MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO TULUNGAGUNG

DIAH PRIASTI, 17205163177 (2020) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI MI BENDILJATI WETAN DAN MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Implementasi Metode Tilawati dan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MI Bendiljati Wetan dan Mi Tarbiyatul Athfal Pulotondo Tulungagung ini ditulis oleh Diah Priasti NIM. 17205163177, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Metode Tilawati, Metode Ummi, membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh lembaga pendidikan dituntut dapat memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Tanpa terkecuali pembelajaran Al-Qur’an. Lembaga sekolah harus memiliki ide kreatif dalam melakukan pembelajaran, salah satunya dengan memiliki metode penerapan pembelajaran Al-Qur’an untuk mendukung keberhasilan dari tujuan pembelajaran yang dilakukan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tahap persiapan implementasi metode tilawati di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol dan Metode ummi di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran peserta didik? (2) Proses implementasi metode tilawati di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol dan Metode ummi di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik? (3) Hasil implementasi metode tilawati di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol dan metode ummi di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran peserta didik? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam pengumpulan data. Tempat penelitian adalah MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dan MI Tarbiyatul Athfal Ngunut Tulungagung. Sumber data penelitian dibagi menjadi 3 yaitu people (orang), place (tempat), dan paper (kertas). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tahapan persiapan implementasi metode tilawati MI Bendiljati Wetan Sumbergempol yaitu pertama adanya diklat bagi guru terkait konsep metode tilawati. Kedua aplikasi didalam kelas yaitu sebelum memulai pembelajaran guru perlu mempersiapakan alat peraga dan buku pembelajaran tilawati, masing masing siswa masuk kelas membawa buku jilid/ Al Qur’an, buku tulis, alat tulis. Sedangkan tahap persiapan implementasi metode ummi di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut yaitu adanya penyamaan persepsi bahwa menjadi pengajar harus lulus sertifkat ummi, aplikasi didalam kelas meliputipenataan meja guru, meja siswa membentuk huruf “U”, alat peraga, dan buku pembelajaran ummi, siswa membawa buku prestasi. (2) Proses implementasi metode tilawati di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol adalah kegiatan pembuka (salam, sapa, doa), peraga tilawati, (individual, baca simak) buku tilawati/ Al Qur’an, materi penunjang dan kegiatan penutup (salam dan doa penutup). Pembelajaran menggunakan pendekatan klasikal dan pendekatan individual dengan teknik baca simak. Sedangkan proses implementasi metode ummi di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut adalah pembukaan (salam, sapa, doa), hafalan surat-surat pendek sesuai target, klasikal (alat peraga), (individual, baca simak, baca simak murni), penutup (drill dan doa penutup). Pembelajaran menggunakan pendekatan individual, pendekatan klasikal individual, pendekatan klasikal baca simak, pendekatan klasikal baca simak murni. (3) Hasil implementasi metode Tilawati di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol berupa siswa mengalami peningkatan dan perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an baik dari surat-surat pendek, hafalan doa-doa harian dan bacaan sholat, mengalami peningkatan dari segi kesesuaian tartil, tajwid, makhraj, serta kelancaran membaca, serta diadakan penerapan metode tilawati di sekolah sangat membantu guru TPQ sore. Sedangkan hasil implementasi metode Ummi di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut telah menjuarai prestasi tingkat kabupaten, siswa mengalami peningkatan dan perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an, tahfidz juz 30 yang kemudian diikutkan munaqosah dan wisuda Al-Qur’an. Banyak siswa yang hafal surat-surat pendek, serta siswa telah mengalami peningkatan dari segi kesesuaian tartil, tajwid, makhraj, dan kelancaran membaca.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DIAH PRIASTI 17205163177
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:11
Last Modified: 02 Nov 2020 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item View Item