SAFINATUN NAFILAH, 17205163113 (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEAGAMAAN DALAM MENANAMKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Menanamkan Nilai Religius Siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Safinatun Nafilah, NIM. 17205163113, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci: Implementasi, Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan, Nilai Religius. Di era digital ini dengan adanya globalisasi berdampak pada nilai-nilai bangsa dan agama yang akan semakin menurun. Dibuktikan dengan fakta dari Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan jumlah pengguna narkoba di lingkungan pelajar baik SD, SMP, SMA yang sangat besar dan sering terjadi kasus tawuran antar pelajar/mahasiswa, dan lain sebagainya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa konsep religius belum sesuai dengan apa yang seharusnya dijalankan. Pemahaman nilai religius lebih dari sekedar aspek kognitif, tetapi yang paling penting internalisasi nilai religius tersebut dalam bentuk pengamalan kehidupan sehari-hari. Sekolah merupakan wadah yang paling tepat untuk memberikan pemahaman nilai religius kepada peserta didik. Dengan adanya penyelenggaraan ekstrakulikuler keagamaan yang diselenggarakan di sekolah maka nilai religius dapat ditanamkan pada semua siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakulikuler qira’ah dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakulikuler pidato keagamaan dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana implementasi kegiatan MADIN (madrasah diniyah) dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk memaparkan implementasi kegiatan ekstrakulikuler qira’ah dalam menanamkan nilai religius siswa Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk memaparkan implementasi kegiatan ekstrakulikuler pidato keagamaan dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk memaparkan implementasi kegiatan MADIN (madrasah diniyah) dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara data reduktion atau reduksi data, data display atau penyajian data dan verification atauxv penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Implementasi kegiatan ekstrakulikuler qira’ah dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu membaca sholawat, berdoa , membaca al-qur’an dengan menerapkan seni baca al-qur’an, bersikap sopan dan santun, salam dan berjabat tangan kepada guru pembina. (2). Implementasi kegiatan ekstrakulikuler pidato keagamaan dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu menyisipkan dalildalil pada teks pidato, bersikap sopan dan santun, materi atau pesan yang terdapat diteks pidato dapat bermanfaat bagi orang yang mendengarkan, salam dan berjabat tangan dengan guru pembina. (3). Implementasi kegiatan madrasah diniyah dalam menanamkan nilai religius siswa MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu siswa membaca berdoa bersama di awal dan akhir, serta mengkaji kitab fasholatan, bersikap sopan dan santun, salam dan berjabat tangan dengan guru pembina.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Safinatun Nafilah 17205163113 |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:46 |
Last Modified: | 06 May 2021 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15817 |
Actions (login required)
View Item |