YAN AZMI ARRIZANUR, 17204163183 (2020) KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI OPERASI BILANGAN BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) SMPLB NEGERI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (969kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (618kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (538kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII Materi Operasi Bilangan Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) SMPLB Negeri Tulungagung” ini di tuliskan oleh Yan Azmi Arrizanur, NIM. 17204163183, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (Tunarungu). Masalah dalam peneli tian ini adalah peserta didik tunarungu kelas VII di SMPLB Negeri Tulungagung mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika. Rumusan masalah adalah (1) “Bagaimana kesulitan belajar matematika pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) berdasarkan faktor internal ?” (2) “Bagaimana kesulitan belajar matematika pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) berdasarkan faktor eksternal ?”. Tujuan peneli tian ini adalah (1) Untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar matematika pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) berdasarkan faktor internal. (2) Untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar matematika pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) berdasarkan faktor eksternal. Peneli tian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneli tian studi kasus. Subyek peneli tian adalah 2 orang peserta didik tunarungu kelas VII materi operasi bilangan di SMPLB Negeri Tulungagung. Teknik pengumpulan data melalui instrumen angket/kuesioner dan wawancara. Hasil peneli tian menunjukkan bahwa penyebab kesuli tan belajar matematika pada peserta didik tunarungu pada faktor internal adalah minat belajar matematika subyek yang kurang, subyek memiliki kebiasaan belajar matematika yang kurang, subyek memiliki motivasi belajar matematika yang kurang, pemahaman konsep matematika yang kurang serta ketrampilan belajar matematika yang kurang, sedangkan pada faktor ekternal pada lingkungan keluarga ialah masih kurangnya perhatian orang tua salah satunya akibat dari kesibukan kerja, serta kurangnya fasilitas belajar yang di miliki subyek di rumah seperti alat belajar atau media belajar matematika lainnya. Sedangkan pada lingkungan sekolah ialah keadaan lingkungan sekolah seperti kurangnya ketersediaan alat peraga, tidak dibaginya peserta didik sesuai dengan jenjangnya pada tiap-tiap ruangan, pembatas kelas yang tingginya tidak sampai atap, serta faktor kekurangan guru dan kurangnya ruang kelas akan berdampak pada kurang maksimalnya proses pembelajaran yang sedang berlangsung khususnya pada pembelajaran matematika dan berdampak pada hasil belajar atau prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Yan Azmi Arrizanur 17204163183 |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 04:36 |
Last Modified: | 31 May 2021 03:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15872 |
Actions (login required)
View Item |