BERPIKIR PSEUDO SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG DALAM MEMECAHKAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

ALYA RAVIQA, 17204163232 (2020) BERPIKIR PSEUDO SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG DALAM MEMECAHKAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Berpikir Pseudo Siswa Kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dalam Memecahkan Masalah Aritmetika Sosial berdasarkan Kemampuan Matematika”, ini ditulis oleh Alya Raviqa, NIM 17204163232, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Pseudo, Memecahkan Masalah, Aritmetika Sosial. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa guru matematika dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada prosedur, aturan, dan cara menyelesaikan soal. Hal tersebut mengakibatkan siswa hanya menjalankan langkah-langkah yang telah dicontohkan oleh gurunya ketika menyelesaikan masalah. Siswa tidak benar-benar berpikir, hanya seakan-akan berpikir. Hal ini disebut berpikir pseudo. Jawaban yang benar ataupun salah tidak menggambarkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Karena jawaban yang benar namun tidak dapat menjustifikasinya atau jawaban yang salah namun dapat membenarkannya setelah refleksi adalah indikator berpikir pseudo yang dialami oleh siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan berpikir pseudo siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah aritmetika sosial. (2) Mendeskripsikan berpikir pseudo siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah aritmetika sosial. (3) Mendeskripsikan berpikir pseudo siswa kelas VII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dimulai dengan melihat hasil ulangan harian siswa materi aritmetika sosial. Setelah itu mendapatkan subjek dengan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Metode yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi indikator pemecahan masalah dan tidak mengalami berpikir pseudo karena dapat menjustifikasi langkah-langkah penyelesaiannya sesuai konsep aritmetika sosial. 2) Siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi indikator pemecahan masalah namun mengalami berpikir pseudo karena tidak dapat menjelaskan konsep dan prosedur yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. 3) Siswa berkemampuan matematika rendah hanya dapat memenuhi indikator pemecahan masalah yang pertama dan tidak mengalami berpikir pseudo karena tidak memahami pokok masalah dalam soal, konsep serta prosedur yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: alya raviqa 17204163232
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:02
Last Modified: 31 May 2021 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item View Item