BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SOAL CERITA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII DI MTS AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DWI ASIH FITRIANI, 17204163248 (2020) BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SOAL CERITA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII DI MTS AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar rujukan.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Pecahan Soal Cerita ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII di MTs Al-Huda Bandung Tahun Ajaran 2019/2020 ini ditulis oleh Dwi Asih Fitriani, NIM. 17204163248, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dr. Muniri M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, Kecerdasan Emosional Berfikir reflektif dapat terjadi ketika siswa mengalami kebingungan, hambatan atau keraguan dalam menyelesaikan masalah matematika yang dihadapinya. Pada dasarnya berpikir reflektif merupakan sebuah kemampuan siswa dalam menyeleksi pengetahuan yang telah dimiliki dan tersimpan dalam memorinya. Oleh karena itu untuk menyelesaikan masalah dalam matematika siswa memerlukan kemampuan berfikir reflektif, sebagian besar siswa masih belum mampu menerapkan berpikir secara reflektif dalam memecahkan masalah matematika. Mereka tidak menggunakan pengetahuan lamanya dalam menerapkan operasi hitung tentang menyelesaikan masalah pecahan. Siswa masih belum memahami bagaimana mengoperasikan operasi pecahan. Kemudian menjadi kesulitan dalam menentukan metode yang cocok untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Dalam pemecahan masalah siswa juga dipengaruhi oleh kecerdasan emosional yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dalam pemecahan masalah pecahan soal cerita MTs AL-Huda Bandung kelas VII Tahun Ajaran 2019/2020, 2) untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan emosional sedang dalam pemecahan masalah pecahan soal cerita MTs AL-Huda Bandung kelas VII Tahun Ajaran 2019/202, 3) untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan emosional rendah dalam pemecahan masalah pecahan soal cerita MTs AL-Huda Bandung kelas VII Tahun Ajaran 20119/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif untuk mendapatkan data yang lebih detail dan rinci tentang tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional. Subjekpenelitian ada 6 siswa kelas VII C MTs Al-Huda Bandung dengan 3 kriteria tingkat kecerdasan emosional tinggi, masing – masing kriteria adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan : 1) Tes, 2) Angket, 3) Wawancara, 4) Observasi, 5) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan emosional tinggi ada pada tingkat reflektif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat ini adalah reacting, comparing dan contemplanting. 2) Tingkat kemampuan reflektif siswa dengan kecerdasan emosional sedang berada pada fase cukup reflektif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat ini adalah reacting dan comparing, 3) Tingkat kemampuan reflektif siswa dengan kecerdasan emosional rendah berada pada fase kurang reflektif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat ini adalah reacting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dwi Asih Fitriani 17204163248
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:56
Last Modified: 31 May 2021 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item