KREATIVITAS GURU FIKIH DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MIN 11 BLITAR

AMALIA IKA OKTAVIANI, 17205163120 (2020) KREATIVITAS GURU FIKIH DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Fikih dalam Penggunaan Metode Pembelajaran untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MIN 11 Blitar” yang ditulis oleh Amalia Ika Oktaviani, NIM. 17205163120, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, Kesulitan Belajar, Fikih Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah sering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, terlebih pada mata pelajaran fikih. Kesulitan belajar tersebut harus diatasi oleh guru. Cara mengatasi kesulitan belajar tersebut dengan kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Metode yang kreatif tersebut diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai seoptimal mungkin. Fokus penelitian dalam dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode ceramah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar? 2) Bagaimana kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode demonstrasi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar? 3) Bagaimana kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode diskusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode ceramah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode demonstrasi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode diskusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar yang mana dapat mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan mengetahui tingkat kreativitas guru dalam mengajar. Bagi guru fikih Madrasah Ibtidayah Negeri 11 Blitar dapat digunakan sebagai masukan dan acuan bagi guru untuk mengembangkan kreativitasnya dalam penggunaan metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar dapat mengetahui kesulitan belajar yang dialami sehingga mampu untuk lebih giat dan bersemangat dalam belajar. Bagi para peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. Data yang peneliti dapatkan dari guru fikih, guru akidah akhlak, kepala madrasah, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa fakta-fakta di lapangan terkait dengan kreativitas metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data dari informan tentang kreativitas metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Sedangkan metode dekumentasi digunakan untuk memperkuat data tentang dokumen yang berkaitan dengan kreativitas metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Hasil penelitian: 1) kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode ceramah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar yaitu guru kreatif dalam memilih metode ceramah, guru kreatif dalam memanfaatkan media pendukung seperti gambar, vidio, LKS, dan buku paket. Guru kreatif dalam melakukan variasi pembelajaran seperti menyanyi, permainan, bercerita, dan mengerjakan soal. Guru kreatif dalam mengkombinasi dengan metode tanya jawab dan demonstrasi. 2) kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode demonstrasi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar yaitu guru kreatif dalam memilih metode demonstrasi, guru kreatif dalam memanfaatkan media pendukung seperti audio visual, gambar, papan cerita, kartu warna, dan lembaran praktik. Guru kreatif dalam melakukan variasi pembelajaran dengan mengajak anak belajar di luar kelas. Guru kreatif dalam mengkombinasikan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan cerita. 3) kreativitas guru fikih dalam penggunaan metode diskusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN 11 Blitar yaitu guru kreatif dalam memilih metode diskusi, guru kreatif dalam memanfaatkan media pendukung seperti vidio dan peta konsep. Guru kreatif dalam melakukan variasi pembelajaran seperti mengajak tepuk islami. Guru bertindak kreatif dalam mengkombinasikan dengan metode ceramah dan tanya jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: AMALIA IKA OKTAVIANI 17205163120
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:09
Last Modified: 06 May 2021 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item