PENALARAN KUANTITATIF (QUANTITATIVE REASONING) SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 TRENGGALEK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

RATNA DWI LESTARI, 17204163008 (2020) PENALARAN KUANTITATIF (QUANTITATIVE REASONING) SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 TRENGGALEK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penalaran Kuantitatif (Quantitative Reasoning) Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Trenggalek dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Aljabar Ditinjau dari Perbedaan Gender” oleh Ratna Dwi Lestari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) jurusan Tadris Matematika (TMT) dengan NIM. 17204163008 sebagai tugas akhir program sarjana strata satu (S1) dengan dosen pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Kuantitatif, Pemecahan Masalah, Gender, Aljabar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa hal ini dikuatkan berdasarkan hasil PISA khususnya dalam study quantity yang menduduki peringkat ke-63. Selanjutnya setiap siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki kemampuan yang berbeda untuk itu fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penalaran kuantitatif (quantitative reasoning) siswa laki-laki MTsN 1 Trenggalek dalam pemecahan masalah matematika materi aljabar? (2) Bagaimana penalaran kuantitatif (quantitative reasoning) siswa perempuan MTSN 1 Trenggalek dalam pemecahan masalah matematika materi aljabar? Untuk itu penelitian ini memiliki tujuan berikut: (1) Mendeskripsikan penalaran kuantitatif (kuantitative reasoning) siswa laki-laki MTsN 1 Trenggalek dalam memecahan masalah matematika materi aljabar, (2) penalaran kuantitatif (quantitative reasoning) siswa perempuan MTsN 1 Trenggalek dalam memecahan masalah matematika materi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif dengan cara melakukan tes tulis penelaran kuantitatif pada siswa kelas VII, selanjutnya dipilih 2 subjek laki-laki dan 2 subjek perempuan yang untuk dilakukan wawancara sesuai yang dituliskan dalam lembar jawaban. Hal ini dilakukan agar data yang diterima bisa sesuai dengan kenyataan dilapangan. Hasil penelitian ini adalah siswa laki-laki mampu memenuhi semua indikator penalaran kuantitatif yaitu: (1) Menentukan dan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, (2) Menginterpretasikan informasi yang diberikan dalam dalam bentuk deskriptif atau gambar, (3) Memecahkan masalah menggunakan metode yang dipilih, (4) Merefleksikan dan memeriksa langkah-langkah yang telah diambil dan membuat perbaikan pada kesalahan yang dilakukan, (5) Menjelaskan hubungan yang terbentuk antara informasi kuantitatif dalam pemecahan masalah, (6) Menyebutkan keterbatasan metode yang digunakan dalam proses pemecahan masalah secara tertulis maupun lisan. Sedangkan siswa perempuan memenuhi 5 indikator dari 6 indikator yang ada. Satu indikator yang tidak terpenuhi yaitu kemampuan menjelaskan hubungan kuantitatif. Diperoleh kesimpulan kemampuan penalaran kuantitatif siswa laki-laki lebih baik dibandingkan siswa perempuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Eva Diah Wulansari 17204163029
Date Deposited: 05 Aug 2020 06:24
Last Modified: 31 May 2021 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item