IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LAILATUL FITRIYAH, 17201163021 (2020) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lailatul Fitriyah. NIM 172011 63021. Implementasi Hidden Curriculum dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci : Implementasi, Hidden Curriculum, Karakter Religius. Hari ini dunia pendidikan mengalami masalah krisis moral. Sekolah saat ini dianggap hanya mempelajari pelajaran umum dan kurang efektif dalam menentukan masa depan output yang berkarakter religius. Pembentukan karakter dalam pendidikan formal tidak dapat terlepas dari keterlibatan kepala sekolah, guru, dan orangtua peserta didik yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberhasilannya. Selain itu, terdapat beberapa unsur yang tersembunyi selain unsur kurikulum formal sekolah. Hadirnya The Hidden Curriculum adalah salah satu upaya yang sering terabaikan dalam pembentukan karakter. Seperti, pengelolaan kegiatan belajar, penciptaan suasana belajar dan lingkungan sekolah berkarakter, pembiasaan, dan pembudayaan nilai dan etika yang baik dapat mendukung proses pembentukan karakter. Kurikulum ini dapat meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mampu menghasilkan output yang siap dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?; (2) Bagaimana metode implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?; (3) Bagaimana dampak implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung; (2) Untuk mendeskripsikan metode implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung; (3) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung;. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru, Peserta Didik, dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, Bentuk implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagungmencakup aspek struktural dan kultural yang pelaksanaannya di dalam dan di luar kelas. Kedua, Metode implementsi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius dilaksanakan dengan metode praktis yang terintegrasi dan bertahap dimulai dari pengetahuan melaksanakan, serta membiasakan. Diantara metodenya yaitu, Keteladanan/ pembiasaan, Dialog, Hukuman, dan Penghargaan. Ketiga, Dampak implementsi hidden curriculum di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung meliputi dampak positif yaitu nilai Aqidah, Ibadah, dan Akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL FITRIYAH 17201163021
Date Deposited: 12 Aug 2020 01:43
Last Modified: 06 May 2021 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item View Item