FARIDA DEWI RAHMANIA, 17204163101 (2020) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINIER BERDASARKAN METODE NEWMAN PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 BLITAR TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (868kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (163kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Metode Newman pada Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Blitar Tahun 2019/2020” ini ditulis oleh Farida Dewi Rahmania, NIM. 17204163101, pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: Kesalahan, Program Linier, Metode Newman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih melakukan kesalahan dalam memahami konsep soal yang berbentuk cerita. Sehingga siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dan mendapat nilai rendah untuk tipe soal tersebut. Agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak berulang dan dapat diperbaiki maka perlu adanya suatu analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode newman. (2) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode newman. (3) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode newman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Tehnik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian adalah 6 siswa, yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode Newman yaitu kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. (2) Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode Newman yaitu kesalahan transformasi masalah dan kesalahan keterampilan proses. (3) Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasim masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Farida Dewi Rahmania 17204163101 |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 04:40 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15985 |
Actions (login required)
View Item |