PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

ZAKINA MAWADDATI NADLIFAH, 17201163213 (2020) PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (317kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik dalam Mewujudkan Budaya Religius di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Zakina Mawaddati Nadlifah, NIM. 17201163213, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA., NIP. 197112281999031002. Kata Kunci: Pembinaan, Karakter Religius, Budaya Religius Dunia pendidikan mengalami tantangan krisis karakter pada peserta didik, khususnya karakter religius sebagai dampak kemajuan arus globalisasi yang sangat pesat. Madrasah memiliki andil besar dalam pembenahan dan penguatan karakter peserta didik. Pembinaan karakter religius yang dilakukan di MTsN 3 Tulungagung dapat menjadi salah satu tindakan untuk mengurangi beban tanggungjawab pendidikan yang cukup besar dalam mengatasi persoalan-persoalan karakter peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung?; (2) Bagaimana hambatan pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung?; (3) Bagaimana implikasi pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan proses pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung; (2) Untuk memaparkan hambatan pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung; (3) Untuk memaparkan implikasi pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Adapun lokasi penelitian adalah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tulungagung (MTsN 3 Tulungagung). Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, pendidik dan peserta didik, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria, yakni derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Agar data dapat dibuktikan keabsahannya peneliti melakukan lagkah: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, proses pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung melalui tahapan-tahapan yakni pemberian pengetahuan melalui internalisasi dalam materi pembelajaran, pemahaman dengan metode-metode pembinaan, penyadaran melalui metode-metode pembinaan serta pembiasaan melalui program-program madrasah. Kedua, hambatan pembinaan karakter religius peserta didik dalammewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, yaitu yang bersumber dari peserta didik, yang meliputi kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dan pendidik, konflik yang dialami oleh peserta didik seperti broken home. Faktor eksternal, meliputi lingkungan keluarga peserta didik, seperti keluarga yang kurang harmonis dan orangtua yang menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau TKW (Tenaga Kerja Wanita). Faktor lingkungan madrasah, seperti pengaruh teman sebaya. Lingkungan masyarakat tempat tinggal peserta didik. Sarana dan prasarana, seperti masjid yang kurang memadai dan tempat wudhu yang kurang representatif. Ketiga, implikasi pembinaan karakter religius peserta didik dalam mewujudkan budaya religius di MTsN 3 Tulungagung sangat positif, yakni membentuk pribadi yang memiliki karakter religius, terbiasa untuk melakukan hal-hal yang baik, meningkatkan dan memantapkan rasa keagamaan peserta didik, meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta menghasilkan output berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZAKINA MAWADDATI NADLIFAH 17201163213
Date Deposited: 12 Aug 2020 01:26
Last Modified: 07 May 2021 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15987

Available Versions of this Item

  • PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. (deposited 12 Aug 2020 01:26) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item