PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS PESERTA DIDIK DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

RIZKY RAMADHANTI PUTRI, 17201163374 (2020) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS PESERTA DIDIK DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Role Playing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Quran Hadis Peserta Didik Di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Rizky Ramadhanti Putri, NIM. 17201163374, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Hj.Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Metode Role Playing, Motivasi, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil penelitian di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Diantara faktor tersebut adalah metode pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang kurang menarik, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif. Dengan dimikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik yaitu metode Role Playing. Metode Role Playing merupakan suatu peran yang mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu situasi sosial. Diharapkan dengan metode yang baru ini peserta didik termotivasi dan hasil belajar mencapai KKM yang sudah ditentukan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar? (2) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar Al-Quran Hadis peserta didik di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? (3) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Quran Hadis peserta didik di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar Al-Quran Hadis peserta didik di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Quran Hadis peserta didik di MA Al Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen atau eksperimen semu, desain yang digunakan adalah The Non equivalent Posttest-Only Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-B sebagai kelas kontrol MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji T Test dan Uji Manova yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji-t angket motivasi diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Berdasarkan perhitungan uji-t post-test hasil belajar diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi dan post-test diperoleh nilai keempat p-value (sig) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIZKY RAMADHANTI PUTRI 17201163374
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:53
Last Modified: 07 May 2021 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15991

Actions (login required)

View Item View Item