RISKI DIAN RATRI, 17204163306 (2020) PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VIII DI MTS IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Bangun Datar Kelas VIII di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Riski Dian Ratri, NIM. 17204163306, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Penalaran Analogi, Masalah, Bangun Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran siswa yang tergolong masih rendah. Seseorang dengan kemampuan penalaran yang masih rendah akan mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu siswa membutuhkan cara berpikir yang tepat, salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan bernalar analogi. Dengan bernalar analogi, siswa dapat memecahkan suatu permasalahan dengan lebih mudah dengan menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. Adapun tahapan dalam penalaran analogi yaitu encoding (pengkodean), inferring (penyimpulan), mapping (pemetaan), dan applying (penerapan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bangun datar kelas VIII di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa yaitu, siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas VIII di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran analogi siswa dengan menggunakan 2 butir soal berbentuk uraian. Wawancara diikuti oleh 6 siswa dari total keseluruhan 18 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika siswa yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek siswa berkemampuan tinggi dapat melalui 3 tahapan penalaran analogi yaitu encoding (pengkodean), inferring (penyimpulan), dan mapping (pemetaan) sedangkan pada tahap applying (penerapan) subjek kurang mampu melakukannya. Subjek siswa berkemampuan sedang dapat melalui 2 tahapan penalaran analogi yaitu encoding (pengkodean) dan inferring (penyimpulan) sedangkan pada tahap mapping (pemetaan) dan applying (penerapan) subjek tidak mampu melaluinya. Subjek siswa berkemampuan rendah dapat melalui 1 tahapan penalaran analog yaitu encoding (pengkodean) sedangkan pada tahap inferring (penyimpulan), mapping (pemetaan), applying (penerapan) subjek tidak mampu melaluinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | RISKI DIAN RATRI 17204163306 |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 03:37 |
Last Modified: | 06 May 2021 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15997 |
Actions (login required)
View Item |