NILNA LIAYATUL ZULFA, 17205163217 (2020) PENANAMAN BUDAYA RELIGIUS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TAAT DAN BERAKHLAK MULIA DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (564kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Budaya Religius untuk Menumbuhkan Sikap Taat dan Berakhlak Mulia di MIN Sumberjati Kademangan Blitar” yang ditulis oleh Nilna Liayatul Zulfa, NIM: 17205163217, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dengan dosen pembimbing Bapak Dr. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata kunci: Budaya Religius, Pembiasaan, Berakhlak Mulia. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa di jaman sekarang ini banyak anak-anak yang mempunyai perilaku kurang baik. Baik itu di sekolah maupun di rumah. Oleh karena separuh kegiatan anak adalah di sekolah. Maka dengan ditanamkan sifat akhlakul karimah kepada anak sedari kecil dengan bantuan guru diharapkan peserta didik akan terbiasa menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dibiasakannya kegiatan-kegiatan religius yang ada di sekolah diharapkan anak-anak bisa mempunyai sikap yang taat dan senantiasa berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah proses penanaman budaya religius untuk menumbuhkan sikap taat dan berakhlak mulia di MIN Sumberjati Kademangan Blitar? (2) Bagaimanakah bentuk-bentuk kegiatan religius yang ada di MIN Sumberjati Kademangan Blitar? (3) Bagaimanakah faktor penghambat dan pendukung penanaman budaya religius di MIN Sumberjati Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses penanaman budaya religius untuk menumbuhkan sikap taat dan berakhlak mulia di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan religius yang ada di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penanaman budaya religius di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi observasi terus-menerus dan triangulasi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: (1) Proses penanaman budaya religius melalui tahap-tahap perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan dan dilakukan rutin setiap harinya. (2) Bentuk-bentuk kegiatan religius yang ada di MIN Sumberjati Kademangan Blitar ada banyak sekali seperti : membaca surat-surat pendek, melafalkan asmaul husna, sholat dhuha dan solat dhuhur berjamaah, istighotsah bersama serta peringatan hari besar Islam. (3) Faktor penghambat dan pendukung penanaman budaya religius juga banyak contohnya. Untuk faktor pendukungnya diantaranya: kerjasama semua warga sekolah, keaktifan siswa, kerjasama dari wali murid, lingkungan yang mendukung, tempat yang tersedia serta media, waktu dan dana. Dan untuk faktor penghambatnya diantaranya: guru yang kurang mumpuni, pelatih qiroati yang jarang hadir, orang tua yang memberi contoh kurang benar serta lingkungan rumah yang memberi pengaruh negatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | NILNA LIAYATUL ZULFA 17205163217 |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:47 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15999 |
Actions (login required)
View Item |