PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RIFAATUL MAHMUDAH, 17205153195 (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ” Pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Rifaatul Mahmudah, NIM. 17205153195, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar Latar belakang penelitian ini adalah perbedaan status sosial ekonomi pada masing- masing orang tua siswa yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini peneliti meneliti pengaruh status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua siswa terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pekerjaan orangtua siswa terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh penghasilan orangtua siswa terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, (4) Untuk mengetahui adanya pengaruh status sosial ekonomi orangtua siswa terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, populasi dari penelitian ini adalah siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung sebanyak 505 siswa dan sampel jang diambil peneliti sebanyak 51 siswa . Untuk pengambilan data peneliti menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuna program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,005dan nilai R Square sebesar 0,262 yang artinya berpengaruh sebesar 26,2%.(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara jenis pekerjaan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Dengan hasil penelitian menunjukan taraf signifikan 0,000 < 0,005 dan nilai R Square sebesar 0,542 yang artinya berpengaruh sebesar 54,2%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat penghasilan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Dengan hasil penelitian menunjukan taraf signifikan 0,000 < 0,005 dan nilai R Square sebesar 0,327 yang artinya berpengaruh sebesar 32,7%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Dengan hasil penelitian menunjukan taraf signifikansi = 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,634 yang artinya berpengaruh sebesar 63,4% dan 36,6% dari variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Rifaatul Mahmudah 17205153195
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:19
Last Modified: 06 May 2021 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item