PENERAPAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN DI SEKOLAH LHS ( LIMA HARI SEKOLAH) UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA (Studi Multi Situs Di SMPN 1 Selopuro dan SMPN 1 Doko)

MUHAMMAD ISFAUL MAFLUKHI, 12506174055 (2019) PENERAPAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN DI SEKOLAH LHS ( LIMA HARI SEKOLAH) UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA (Studi Multi Situs Di SMPN 1 Selopuro dan SMPN 1 Doko). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Maflukhi, Muhammad Isfaul. 2019. “Penerapan Program Baca Tulis Al- Qur’an di Sekolah LHS ( Lima Hari Sekolah) untuk Meningkatkan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa” (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 Selopuro dan SMP Negeri 1 Doko)” . Tesis, Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Magister Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I. dan Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci : Penerapan, Program Baca Tulis Al-Qur’an, Hasil Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya anak-anak yang peduli dengan Al-Qur’an, sedangkan mereka juga banyak yang belum fasih membaca Al-Qur’an dan lebih parahnya juga masih ada anak sekelas smp yang belum bisa membeca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai Penerapan Program Baca tulis Al-Qur’an. Fokus penelitian tesis ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur’an di sekolah LHS (Lima Hari Sekolah) untuk meningkat hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Selopuro dan SMP Negeri 1 Doko ?. 2) Bagaimana Metode dalam Program Baca Tulis Al-Qur’an di sekolah LHS (Lima Hari Sekolah) untuk meningkat hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Selopuro dan SMP Negeri 1 Doko ?. 3) Bagaimana hasil Belajar Program Baca Tulis Al-Qur’an di sekolah LHS untuk meningkat hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Selopuro dan SMP Negeri 1 Doko ?. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi Situs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanakan program baca tulis Al-Qur’an di SMPN 1 Selopuro dan SMPN 1 Doko telah di rencanakan dengan matang bersama pihak sekolah, dalam perencanaannya program baca tulis Al-Qur’an ini masuk pada kegiatan intra sekolah bukan lagi masuk dalam muatan local atau di sebut juga ekstrakulikuler. Dengan alokasi waktu di SMP Negeri 1 Selopuro 2 x 40 menit sedangkan di SMP Negeri 1 Doko denga alokasi waktu 1 x 40 menit. (2) Sesuai dengan observasi dan wawancara peneliti di SMP Negeri 1 Selopuro dalam proses pembelajaran program baca tulis Al-Qur’an metode yang digunakan yaitu metode sorogan, Sedangkan di SMP Negeri 1 Doko dalam proses pembelajaran program baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode usmani. 3) Hasil Belajar program baca tulis Al-Qur’an banyak perkembangan yang signifikan dari siswa, mampu membaca Al-Qur’an dengan benar, tartil dan fasih sesuai dengan makhorijul huruf, tajwid dan sifatul huruf.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD ISFAUL MAFLUKHI 12506174055
Date Deposited: 18 Aug 2020 08:02
Last Modified: 03 May 2021 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item