LIYA MINHATUL AULA, 17204163126 (2020) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR METEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (9MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
||
|
Text
DAFRAR ISI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (599kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (279kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Metematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Liya Minhatul Aula, NIM.17204163126, pembimbing Miswanto, M.Pd. KataKunci: Metode Resitasi, Hasil Belajat, Motivasi Belajar Fenomena penggunaan metode pembalajaran satu arah dalam menyampaikan materi pembelajaran mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti materi pembelajaran. Serta kurangnya motivasi belajar siswa sehingga siswa belum tertarik dengan mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat pada saat proses belajar mengajar ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru saat menyampaikan materi. Serta, ketika diberikan soal latihan oleh guru untuk dikerjakan dikelas ataupun dirumah ada beberapa siswa yang tidak mengerjakannya, sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Oleh karena itu dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar diperlukan penerapkan berbagai macam metode yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan, salah satunya mnggunakan metode resitasi. Metode resitasi adalah suatu metode penyajian dimana guru memberikan tugas untuk dikerjakan secara mandiri mapun kelompok dan hasilnya harus dipertanggungjawabkan kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar metematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar metematika sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode resitasi terhadap hasil dan motivasi belajar metematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 428 siswa. Pengambilan sempel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H MTsN 2 Tulungagung sebagai kelas eksperimen dan VIII-I MTsN 2 Tulungagung sebagai kelas kontrol dengan jumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Multivariate Analysis of Varian (MANOVA). Hasil dari penelitian ini adalah a) ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar metematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, b) ada pengaruh metode resitasi terhadap motivasi belajar metematika sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, c) ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil dan motivasi belajar metematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | LIYA MINHATUL AULA 17204163126 |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 05:34 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16028 |
Actions (login required)
View Item |