PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ASWAJA DALAM MENANGKAL RADIKALISME (Studi Multikasus di SMK Darissulaimaniyyahdan MTs DarissulaimaniyyahKamulanDurenan Trenggalek)

MOHAMAD IZUDIN, 12506174053 (2019) PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ASWAJA DALAM MENANGKAL RADIKALISME (Studi Multikasus di SMK Darissulaimaniyyahdan MTs DarissulaimaniyyahKamulanDurenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Mohamad Izudin, NIM, 12506174053, “Pembelajaran Mata Plajaran Aswaja Dalam Menangkal RadikalismeKarakter Siswa (Studi Multi Kasus Di SMK Darissulaimaniyyah dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek)”, Tesis 2017, Program Pendidikan Agama Islam, Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing I, Dr. H. As’aril Muhajir,M.Ag dan Pembimbing II, Dr. Hj. BintiMaunah, M.Pd.I . Kata kunci: Pembelajaran, Aswaja An-Nahdliyah,. Konteks Penelitian: Pendidikan Islam Indonesia dewasa ini sedang mendapatkan ujian sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melangkah begitu pesat disertai tantangan degradasi moral kepada generasi muda dan ancaman terpecahnya persatuan sebagai suatu bangsa akibat radikalisme. Kesadaran realita yang terjadi sekarang sangat dibutuhkan oleh pelaku pendidikan sekaligus ada sebuah solusi yang ditawarkan atas persoalan tersebut, jika tidak maka yang terjadi adalah karakter generasi muda menjadi rapuh, mudah terombang-ambing oleh trend budaya, mudah terjebak dengan paham-paham transnasional dan hilangnya jati diri sebagai bangsa Indonesia. Dalam konteks pendidikan, maka disinilah pentingnya pembelajaran nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah: tawassuṭ (moderat), tawāzun (berimbang), ta’adul (adil) dan tasāmuḥ (toleransi) yang dikemas dalam mata pelajaran Aswaja Ke-NU-an di sekolah-sekolah naungan LP M'aarif NU sebagai upaya untuk internalisasi nilai sehingga menjadi karakter siswa. Pertanyaan penelitian: 1. Bagaimana metode yang digunakan guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek aqidah dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek?, 2.Bagaimana metode yang digunakan guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek fiqih dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Durenan Trenggalek?, 3.Bagaimana metode yang digunakan guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek tasawuf dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek?. Tujuan Penelitian: 1. Untuk mendeskripsikan metode guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek aqidah dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek. 2. Untuk mendeskripsikan metode guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek fiqih dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek. 3. Untuk mendeskripsikan metode guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek tasawuf dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus yang terdiri sebagai informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kuriulum, gurusertasiswa. Data diperoleh dengan cara: wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data, induktif deskriptif dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk keabsahan data digunakan uji trianggulasi. Hasil Penelitian: 1. Metode yang digunakan guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek aqidah dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalekmeliputi beberapa metode, diantaranya metode ceramah, metode kisah, metode keteladanan, dan metode diskusi. 2. Metode yang digunakan guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek fiqih dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek meliputi beberapa metode, diantaranya metode ceramah, metode Demonstrasi, dan metode pembiasaan. 3. Metode yang digunakan guru dalam mengajarkan nilai Aswaja An-Nahdliyah aspek tasawuf dalam menangkal radikalisme di SMK Darissulaimaniyyah Dan MTs Darissulaimaniyyah Kamulan Duurenan Trenggalek meliputi beberapa metode, diantaranya metode Uswatun Khasanah, metode Mauidloh Hasanah dan metode Pembiasaan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOHAMAD IZUDIN 12506174053
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:03
Last Modified: 03 May 2021 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item