PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

IFAUL, BADI'ATUZ ZAHRO' (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ifaul Badi’atuz Zahro', 2015, NIM: 3217113048 dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015”skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bu Luluk ’Atirotu Zahroh, S.Ag., M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu indikator rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran fiqih dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode atau model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinanhasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih khususnya di MIN PandansariNgunutTulungagung terkesan rendah. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe index card match sangatlah tepat, karena model ini dapat mendorong kerja sama dan keaktifan siswa dalam menguasai pelajaran, mendapatkan informasi, ide, ketrampilan, cara berfikir, dan mengekspresikan ide untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah:1).Bagaimanapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban siswa kelasV di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? 2).Bagaimana peningkatan hasil belajar fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match siswa kelas V di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? Adapun jenispenelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis studi kasus, karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Alurpelaksanaannyasendirimeliputi: (1). Menyusun perencanaan (planning), (2).Melaksanakan tindakan (acting), (3). Pengamatan(observing) dan (4).Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian iniyaitu: 1). Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card matchdapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas V di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung pada materi pokok qurban. Adapun untuk hasilbelajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pre test (57,4 ), post test siklus I (74,2), sampai post test siklus II (84).2) Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card matchdapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung pada materi pokok qurban. Dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatandari siklus I sampai ke siklus II yaitu dari 77,5% meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ifa azzahra
Date Deposited: 04 Aug 2015 07:39
Last Modified: 04 Aug 2015 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item