PENGEMBANGAN PENGENDALIAN DIRI (SELF CONTROL) SANTRI MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN TAFSIR JALALAIN DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR

MARATUL CHOIRIYAH, 17201163136 (2020) PENGEMBANGAN PENGENDALIAN DIRI (SELF CONTROL) SANTRI MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN TAFSIR JALALAIN DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL KAMAL KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Pengendalian Diri (Self Control) Santri melalui Pengajian Tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Maratul Choiriyah, NIM. 17201163136, Tahun 2020, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag, NIP. 19690918 20003 1 002. Kata Kunci : Kontrol Diri, Tafsir Jalalain Penelitian ini didasari oleh semakin kuatnya arus globalisasi yang jika tidak dikendalikan akan sangat rawan bagi anak didik terutama para santri. Semakin modern, santri harus memiliki kontrol diri meliputi kontrol perilaku (akhlak), kontrol pengetahuan dan kontrol pengambilan keputusan yang baik. Untuk itulah Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal mengembangkannya melalui kegiatan pondok yakni pengajian Tafsir Jalalain yang dapat mendidik santri memiliki kontrol diri yang kuat. Inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana peranan dari kegiatan tersebut dalam mengembangkan kontrol diri santri. Pertanyaan penelitian ini adalah : 1) Pengembangan kontrol perilaku (behaviour control) santri di pondok pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. 2) Pengembangan kontrol pengetahuan (cognitive control) santri di pondok pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. 3) Pengembangan kontrol pengambilan keputusan (decision control) santri di pondok pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan kontrol perilaku (behaviour control) santri di pondok pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan pengembangan kontrol pergetahuan (cognitive control) santri di pondok pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan pengembangan kontrol pengambilan keputusan (decision control) santri di pondok pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan penelitikepada pengasuh dan santri di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Hasil penelitian menunjukkan:1) Pengembangan kontrol perilaku (behaviour control) santri melalui pengajian Tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar dilakukan dengan memberi stimulus kepada santri dengan bahasa yang mudah dipahami dalam menyampaikan materi Tafsir Jalalain tiga kali dalam seminggu, menggunakan metode bandongan, sorogan dan bercerita tentang orang orang alim terdahulu (unsur keteladanan) serta pemberian sanksi kepada santri yang melanggar tata tertib. 2) Pengembangan kontrol pengetahuan (cognitive control) santri melalui pengajian Tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi B litar dilakukan dengan memberi pemahaman tentang materi Tafsir Jalalain yang dikaitkan dengan isu-isu kekinian, memberi stimulus kepada santri untuk mengaplikasikan pengetahuannya dan mendayagunakan akal pikiran, pemberian wawasan dan dorongan pada santri untuk tidak cepat puas terhadap ilmu yang dimiliki, penyampaian materi dengan metode tanya jawab (sharing).3) Pengembangan kontrol pengambilan keputusan (decision control) santri melalui pengajian Tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar dilakukan dengan menanamkan sikap kehati-hatian dalam memutuskan pilihan dan mempertimbangkan resiko terkecil, mengembangkan potensi santri dengan memberikan wawasan ilmu keagamaan terutama dalam dasar hukum Islam, menggunakan metode pembiasaan untuk bermusyawarah dalam menentukan pilihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MARATUL CHOIRIYAH 17201163136
Date Deposited: 24 Aug 2020 09:15
Last Modified: 06 May 2021 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item View Item