17204163302, TANTI DESI SUSANTI (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

TANTI DESI SUSANTI, 17204163302 (2020) 17204163302, TANTI DESI SUSANTI (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Tanti Desi Susanti, NIM. 17204263302, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd. M. Si. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Menyelesaikan Masalah, dan Kemampuan Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana siswa mengalami kesulitan saat menerima dan memahami masalah matematika. Sebagian siswa tidak dapat menyelesaikan masalah dengan baik karena mereka tidak memahami konsep dasarnya. Setiap siswa memiliki kemampuan matematika yang berbeda. Pemahaman konsep adalah kemampuan individu dalam menemukan dan menjelaskan, menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep ilmu pengetahuan berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri. Menyelesaikan masalah adalah suatu aktivitas untuk mencari penyelesaian masalah atau jalan keluar untuk menemukan jawaban atas suatu persoalan. Kemampuan matematika adalah suatu kecakapan seseorang dalam memahami dan memecahkan masalah matematika sesuai dengan prosedurnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan kemampuan matematika siswa tingkat tinggi di MTsN 1 Tulungagung, (2) mendeskripsikan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan kemampuan matematika siswa tingkat sedang di MTsN 1 Tulungagung, (3) mendeskripsikan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan kemampuan matematika siswa tingkat rendah di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTsN 1 Tulungagung kelas VIII-2. Dalam penelitian ini ada 6 subjek yang diambil dengan hasil tes tulis kemampuan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah SPLDV berdasarkan kemampuan matematika siswa. Metode pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara: (1) ketekunan atau keajegan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: (1) pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah berdasarkan kemampuan matematika siswa tingkat tinggi, siswa mampu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu dan dapat contoh dan non contoh dari konsep, siswa mampu memberikan konsep dalam berbagai bentuk representasi serta mengembangkan syarat perlu dan cukup suatu konsep, siswa mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. (2) Pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah berdasarkan kemampuan matematika siswa tingkat sedang, siswa tidak mampu mengelompokkan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) serta tidak mampu memberikan contoh dan non contoh dari konsep, siswa tidak mampu menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan siswa mampu mengaplikasikan atau algoritma pemecahan masalah. (3) pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah berdasarkan kemampuan matematika tingkat rendah, siswa hanya memenuhi satu indikator yaitu siswa mampu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: skripsi Tanti Desi Susanti 17204163302
Date Deposited: 08 Sep 2020 01:33
Last Modified: 08 Sep 2020 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16153

Actions (login required)

View Item View Item