PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

RINI PITA SARI, 17205163261 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran IPA Di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung”. Ini ditulis oleh Rini Pita Sari, NIM. 17205163261, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Take and Give, Hasil Belajar Kognitif & Psikomotorik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA Di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan peneltian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes hasil belajar digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan t-test dengan nilai thitung (-3.740) > ttabel (1.998) dengan taraf signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan t-test dengan nilai thitung (3.167) > ttabel (1.998) dengan taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan perhitungan Uji MANOVA dengan nilai ke-empat p-value (Sig.) untuk Pillae Traice, Wilk Lombda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root adalah 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RINI PITA SARI 17205163261
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:23
Last Modified: 07 May 2021 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item