PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) DAARUSSALAM TULUNGAGUNG

JIMMY PUTRO WICAKSONO, 17201163080 (2020) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR'AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) DAARUSSALAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur‟an Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Daarussalam Tulungagung” ini ditulis oleh Jimmy Putro Wicaksono, NIM. 17201163080. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Nursamsu, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kualitas Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya sekolah umum yang hanya unggul dalam nilai akademik saja, namun tidak non akademiknya seperti membaca Al-Qur‟an. SMPIT Daarussalam Tulungagung merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat memperhatikan kualitas bacaan Al-Qur‟an peserta didik. Sekolah ini memiliki program pembelajaran Al-Qur‟an yang diprakarsai oleh guru PAI. Program tersebut diantaranya: pembiasaan membaca juz 30 sebelum mata pelajaran PAI, membaca Al-Qur‟an setelah sholat dhuha, dan tilawah setiap setelah shalat Jumat. Guru PAI memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an peserta didik. Oleh karena itu, guru PAI harus memiliki strategi, dan solusi yang tepat agar peserta didik dapat menerima pembelajaran Al-Qur‟an dengan baik. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an bidang ahkamul huruf di SMPIT Daarussalam Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an bidang makharijul huruf di SMPIT Daarussalam Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur‟an bidang tilawah di SMPIT Daarussalam Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah SMPIT Daarussalam Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian: (1) Peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an bidang ahkamul huruf adalah Guru menggunakan strategi dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dalam pembelajaran ahkamul huruf, mengetahui hambatan belajar siswa yaitu kurangnya motivasi dari keluarga serta belum pernah mempelajarinya, Guru memberi solusi belajar siswa dengan menerapkan metode drill, sehingga siswa menjadi lebih faham terkait ilmu ahkamul huruf. (2) Peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al Qur‟an bidang makharijul huruf adalah Guru menggunakan strategi dengan menggunanakan metode ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran makharijul huruf, mengetahui hambatan belajar siswa yaitu siswa tidak mengeluarkan suaranya dengan keras, Guru memberi solusi belajar siswa dengan menerapkan metode meniru, sehingga siswa lebih faham dan hafal, serta terbiasamembaca Al-Qur‟an dengan makharijul hurufyang baik dan benar. (3) Peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an bidang tilawah adalah Guru menggunakan strategi dengan metode ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran tilawah, mengetahui hambatan belajar siswa yaitu karakter suara yang berbeda dan bakat, memberi solusi belajar siswa dengan menerapkan meode eksperimen dan drill, sehingga siswa bisa melantunkan tilawah dengan sesuai kemampuannya dan lebih paham dengan lagu-lagu tilawah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: JIMMY PUTRO WICAKSONO 17201163080
Date Deposited: 01 Sep 2020 06:57
Last Modified: 06 May 2021 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item