IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NOVIA ANGGRAENI, 17201163112 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novia Anggraeni, NIM. 17201163112. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI Kurikulum 2013 merupakan pengembangan atas kurikulum sebelumya. Kurikulum 2013 berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter. Walaupun Kurikulum 2013 sudah diterapkan sejak tahun 2013 silam, namun sampai sekarang masih ada keluhan dari guru dan peserta didik. Implementasi kurikulum 2013 sangat menonjolkan pendekatan scientific dengan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik agar peserta didik berpartisipasi secara aktif. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya penelitian mengenai implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol agar peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia. Fokus penelitian ini adalah (1) Implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, (2) Hambatan implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, (3) Dampak implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan dampak kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 2 Sumbergempol dengan 2 subjek penelitian. Metode pengumpulan data berupa : (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara : (1) derajat kepercayaan, (2) keteralihan, (3) kebergantungan, dan (4) kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI menggunakan pendekatan scientific, model pembelajaran langsung dengan metode ceramah, janya jawab, diskusi, latihan soal, demonstrasi dan tugas, serta melakukan evaluasi atau penilaian dengan pendekatan autentik., (2) hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI datang dari peserta didik dan pengaruh lingkungan, dan (3) dampak positif implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI yaitu lamanya jam pelajaran mempermudah guru dalam mengelola kelas, peserta didik memiliki karakter yang baik, pembelajaran terlaksana lebih baik dan lebih terarah, serta hasil belajar meningkat, sedangkan dampak negatif implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI yaitu jumlah jam yang terlalu banyak dan memberatka siswa karena jam pelajaran ditambah padahal siswa mempunyai batas maksimal waktu konsentrasi dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NOVIA ANGGRAENI 17201163112
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:05
Last Modified: 06 May 2021 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item View Item