PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN CINTA AL-QURAN UNTUK ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIDAYAH KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

NASUCHA ANIS, 17206163080 (2020) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN CINTA AL-QURAN UNTUK ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATHFAL (RA) NURUL HIDAYAH KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (817kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

ABSTRAK Nasucha Anis. 17206163080. 2020 “Peran Guru dalam Menumbuhkan Cinta Al Quran untuk Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal (RA) Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Ibu Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata kunci : Peran Guru, Menumbuhkan Cinta Al-Quran. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi prestasi yang diperoleh siswa di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung pada berbagai ajang dalam bidang. Karena guru berperan memberikan dorongan dan motivasi kepada anak dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an, maka anak tersebut akan mendapatkan rasa percaya diri dalam membaca al-Qur’an. Selain anak bisa membaca, anak juga dituntut agar bisa mempraktikkan dalam kehidupannya sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran guru di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan dalam menumbuhkan cinta Al-Quran untuk anak usia dini ?, 2) Bagaimana langkah guru di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan dalam menumbuhkan cinta Al-Quran untuk anak usia dini ?, 3) Apa hasil yang diberikan guru kepada anak dalam menumbuhkan cinta Al Quran di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan ?. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama Peran guru di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan dalam menumbuhkan cinta Al-Quran untuk anak usia dini yaitu sebagai motivator, educator dan tauladan (Uswatun hasanah). Kedua Langkah guru di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan dalam menumbuhkan cinta Al-Quran untuk anak usia dini sebagai berikut : Mengenalkan Al Qur’an kepada siswa, Mengajarkan siswa senantiasa menghormati Al-Qur’an, meletakkan Al-Qur’an di tempat yang baik dan menghormati Al-Qur’an, menerangkan kelebihan Al-qur’an, menceritakan melalui kisah- kisah yang ada dalam Al Qur’-an, menceritakan kisah-kisah yang ada dalam Al Qur’-an, program tahfidz, metode menyampaikan materi, Ciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, memberi bimbingan kepada siswa. Ketiga Hasil yang diberikan guru kepada anak dalam menumbuhkan cinta Al-Quran di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rejotangan adalah Siswa senantiasa menghormati Al-Qur’an, terbentuknya perilaku saling menghormati orang lain, Tolong-menolong, Sopan santun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: NASUCHA ANIS 17206163080
Date Deposited: 03 Sep 2020 01:46
Last Modified: 04 Jun 2021 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item